Tekno

4 Langkah Mudah Menyesuaikan Alogaritma Google 2021

Rabu, 05 Mei 2021 - 15:20 | 74.08k
Tips menyesuaikan alogaritma Google 2021. (Desainer: Imadudin Muhammad)
Tips menyesuaikan alogaritma Google 2021. (Desainer: Imadudin Muhammad)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Google kembali melakukan pembaruan layanan dengan update Algoritma Google 2021. Pembaruan ini tentu membuat para developer atau pemilik blog website tentunya harus menyesuaikan diri. 

Menurut penelusuran tim TIMES Tech, Update Algoritma Google 2021 harus memperhatikan kecepatan website, respon interaktif website dan layout/tampilan yang ada di halaman website (Largest Contentful Paint, First Input Delay, Cumulative Layout Shift) dari sebuah website.

Penyesuaian apa saja yang harus dipersiapkan dalam menghadapi Update Algoritma Google 2021? Berikut beberapa detail bagaimana Anda menghadapi update algoritma Google 2021 yang dirangkum TIMES Tech.

Cek Core Web Vital Anda

Langkah pertama yang Anda harus dilakukan untuk menyesuaikan update algoritma Google 2021 yaitu adalah cek Core Web Vital Anda di Google Search Console. Setelah itu Anda bisa melihat penilaian poin-poin penting Core Web Vital Anda. Apakah kurang? Atau nilai skor website Anda sudah cukup atau baik?

Google menyarankan kecepatan yang sesuai dengan update ini 3 detik saja sudah cukup. Jadi, jika website Anda loading page-nya masih lebih dari 3 detik maka Anda perlu mengoptimasikan load page website Anda.

Cara untuk dapat meningkatkan kecepatan website yakni dengam meminimalkan permintaan HTTP. Saran dari Search Engine Watch ini cukup mudah diterapkan, karena komponen pada halaman, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk merender. Anda bisa menggabungkan file yang ada untuk mengatasi hal ini. Semakin cepat load page website Anda, semakin baik page experience website yang Anda miliki.

Selain kecepatan load page website Anda, perhatikan optimasi pada mobile website. Hal ini sangat penting karena menurut data Statista pada data tahun lalu di Kuartal 3, hasil dari traffic pencarian website di Mobile naik hingga 50,81% di seluruh dunia dan konsisten naik lebih dari 50% sejak tahun 2017.

Optimalisasi konten website versi Mobile, akan memudahkan Anda untuk mengejar peringkat halaman Anda di Google Search, diperlukan optimasi Mobile Page website.

Kemudian, buat desain halaman website yang simple dan responsif agar terlihat menarik di layar yang lebih kecil. Hal terpenting lainnya struktur situs juga harus dioptimalkan untuk Mobile Page (Salah satunya membuat halaman AMP).

Permudah Akses Website dan Perbanyak Interaktifitas

Selain mengoptimalkan halaman website untuk halaman mobile dan meningkatkan kecepatan halaman. Langkah kedua yang harus diperhatikan yakni memberikan user-experience yang terbaik.

Kenapa harus demikian? Karena ketika website Anda lambat atau tidak mudah diakses, maka user akan segera keluar dari halaman website Anda. Hal ini sangat penting jika Anda tidak mau kehilangan traffic.

Adanya Interaksi antara user dengan website Anda, tentu Google akan menilai bahwa website Anda cukup baik atau bahkan sempurna. Salah satu contoh interaksi dalam website Anda seperti user yang berkunjung diminta untuk mengambil tindakan tertentu, mulai dari berlangganan pembaruan, mendaftar, meminta notifikasi, dan bahkan melakukan pembelian. 

Setiap developer atau pemilik website harus memahami bahwa user memiliki kerangka berpikir yang berbeda pada titik yang berbeda juga, sehingga Anda perlu menyesuaikan CTA (Call to Action) di website Anda. Tentunya bentuk notifikasinya harus singkat, spesifik dan jelas tentang tindakan apa yang diperlukan.  Idealnya, notifikasi ini harus menyertakan manfaatnya untuk user.

Kami juga mengingatkan untuk mendesain tombol CTA yang bentuknya pas dan posisinya tepat.

Visual Konten Website yang Stabil

Setelah Interaktifitas di website Anda, langkah ketiga yang harus diperhatikan yakni Visual/Tampilan website Anda yang simple, menarik dan juga membuat user Anda nyaman membaca setiap kontennya.

Gambar yang ada di website Anda harus ringan agar tidak lama dalam memuat foto atau gambar yang ada di dalam konten website Anda. Untuk mengakali foto atau gambar yang tidak dimuat, Anda bisa menggunakan Text Alt.

Text Alt ini digunakan dalam kode HTML yang mendeskripsikan tampilan serta fungsi foto atau gambar di halaman website. Alt tag tersebut akan ditampilkan jika file gambar tidak dimuat sehingga pengguna memahami konteksnya. Deskripsi tersebut juga digunakan oleh crawler mesin pencari untuk mengindeks dan ini membantu dalam peringkat website Anda.

Deskripsi teks alt ini harus singkat, spesifik, dan idealnya dengan kata kunci. Hal ini juga akan sangat membantu dalam membantu hasil penelusuran organik di website Anda.

Menurut impactplus.com untuk menjaga website Anda tetap memiliki peringkat yang baik, pastikan keamanan website yang terjamin tentunya akan menambah nilai website Anda bagi user.

Website yang memiliki keamanan buruk akan lebih berisiko terjadi kebocoran data, baik itu data user maupun data penting lainnya yang ada pada website.

Jika data tersebut dibobol oleh pihak tidak bertanggung jawab tentunya akan berbahaya bukan? Anda tentu tidak mau hal ini terjadi.

Benahi Tata Letak Iklan Pop-Up atau Banner Ads 

Tak bisa dipungkiri bahwa iklan menjadi pemasukan utama dari website yang Anda jalankan. Namun, Anda harus tetap memperhatikan penempatan iklan. Jangan sampai iklan menutupi konten terbaik anda.

Langkah keempat ini tentu sangat penting untuk menyesuaikan update Alogaritma Google 2021. Jika Anda memasang iklan terlalu banyak tentu, user tidak akan suka dengan hal tersebut, Google pun tidak suka dengan hal tersebut. Sehingga bisa mengakibatkan akun Adsense kalian dibanned jika peringatan dari Google diabaikan.

Maka Anda sebagai pemilik website perlu menata kembali posisi iklan yang tidak mengganggu isi konten yang sudah Anda buat sebaik mungkin. Sederhananya, konten yang baik akan selalu memainkan peran penting dalam menentukan peringkat halaman.

Hal ini cukup sederhana, intinya harus menjawab kebutuhan user dan harus unik. Saat Anda memiliki konten yang seperti itu, lalu mengoptimalkannya untuk menghadapi algoritma Google, Anda akan melihat peringkat Anda akan naik.

Setelah website Anda memiliki peringkat yang baik, bagaimana cara mengoptimalkan iklan di website Anda secara maksimal seusai dengan Algoritma Google 2021? Ingin tahu lebih lanjut? Silahkan hubungi TIMES Tech disini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES