Peristiwa Nasional

Kapolda Jatim: Silaturahmi Virtual Saja Saat Lebaran

Rabu, 05 Mei 2021 - 14:49 | 40.19k
Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta usai melalsanalan apel kesiapan personel antisipasi mudik lebaran 2021, Rabu (5/5/2021). (FOTO: Humas Polda Jatim untuk TIMES Indonesia)
Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta usai melalsanalan apel kesiapan personel antisipasi mudik lebaran 2021, Rabu (5/5/2021). (FOTO: Humas Polda Jatim untuk TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYAKapolda Jatim mengingatkan masyarakat untuk melaksanakan silatuhrami secara virual saat Lebaran 2021 nanti. Hal tersebut diungkap Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta saat menggelar apel persiapan personel untuk mengantisipasi masyarakat melakukan mudik pada 6 hingga 17 Mei 2021 nanti, Rabu (5/5/2021).

Usia melakukan apel, Nico mengatakan bahwa saat ini telah ada varian baru virus Covid-19, bahkan di India telah terjadi gelombang Covid-19. Sehingga ia menghimbau masyarakat dengan kesadarannya masing-masing untuk tidak melakukan mudik, meski di wilayah aglomerasi.

"Oleh karena itu, (mudik) dilakukan bisa melalui video call, atau bisa memanfaatkan teknologi dengan WA, SMS," ujar Nico.

"Sementara ini kita menahan diri, menahan diri kita itu tujuannya baik, yaitu untuk mencegah supaya orang lain tidak kena," tambahnya.

Nico menyampaikan, meski pihaknya telah melakukan penyekatan di sejumlah titik dan menerjunkan ribuan personel, jika masyarakat tak memiliki kesadaran soal tidak melakukan mudik, hasilnya akan sama saja.

"Dari masyarakat itu harus tertanam bahwa kita bisa menggunakan media, baik telpon SMS dan WA untuk melaksanakan keinginan kita yaitu berkunjung pada saudara, kunjungannya melalui media dulu, karena kalau sudah bertemu berkumpul itu menimbulkan potensi adanya penyebaran Covid-19," ungkap Nico.

Nico meminta dan memohon kepada masyarakat Jawa Timur untuk tidak melakukan mudik dan menjaga protokol kesehatan. "Saya minta saya mohon kepada masyarakat untuk betul betul menjaga dan melaksanakan protokol kesehatan," pintanya.

Ia juga berpesan kepada masyarakat agar melakukan kegiatan dirumah saja, begitu juga saat nanti pelaksanaan sholat Idul Fitri, masyarakat diharapkan benar-benar mematuhi aturan yang ada dari MUI dan dari Menteri Agama.

Dalam apel tersebut Polda Jatim telah menyiagakan 10.451 personel. Personel gabungan ini terdiri dari Polda Jatim 1.065 personel, 9.381 Personel Polres Jajaran di Polda Jatim, 1.420 personel TNI serta 3.346 personel instansi terkait seperti Dishub dan Satpol PP. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES