Adv

Resmikan IPA Gunung Lingai 2, Wali Kota Andi Harun: Suplai Air Bersih Lebih Baik

Rabu, 05 Mei 2021 - 11:21 | 23.93k
Doa bersama saat peresmian IPA Gunung Lingai II. (FOTO: Iqbal/TIMES Indonesia)
Doa bersama saat peresmian IPA Gunung Lingai II. (FOTO: Iqbal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SAMARINDA – Komitmen dan kerja nyata dalam memberikan penyediaan air bersih untuk masyarakat Kota Samarinda terus dilakukan. Salah satunya adalah terbangunnya Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Gunung Lingai 2 di Jalan Lempake Tepian, Kecamatan Sungai Pinang, Selasa (4/5/2021). 

Peresmian langsung dihadiri oleh Wali Kota Samarinda Andi Harun sekaligus berbuka puasa bersama setelah peresmian

Andi Harun mengatakan berfungsinya IPA Gunung Lingai 2 yang berkapasitas 50 liter per detik ini tentu belum bisa menjawab semua kebutuhan air bersih di Kota Samarinda. Namun berfungsinya IPA mampu mengurangi waktu berhentinya suplai air di beberapa wilayah.

“Saya mau jujur sebagai warga dengan berfungsinya IPA Gunung Lingai yang 50 liter per detik belum bisa menjawab semua masalah, baru sebagian, yang biasanya untuk warga DI pandjaitan, PM Noor daerah Gunung Lingai, bahkan sampai di Pampang biasanya bergilir 3-4 hari sekarang bisa tinggal 2 hari saja" tuturnya

Andi Harun memastikan sesuai informasi yang diberikan pihak Perumdam Tirta Kencana masalah air bersih akan tertangani dengan skala lebih besar jika IPA Sungai Kapih dapat diselesaikan pada tahun 2021.

Di tahun 2021 ini manajemen perumdam berkomitmen untuk dapat menyelesaikan IPA Sungai Kapih

Andi Harun meminta warga Samarinda untuk bersabar menunggu perbaikan layanan air bersih sampai semua kebutuhan terpenuhi.

Terkait fungsi pengawasan IPA, Andi Harun menyerahkan sepenuhnya kepada tim Perumdam dan pihak dewan pengawas internal Pemkot Samarinda.

“Ada Pak Abdullah Pak Dayat yang mewakili wali kota untuk melakukan fungsi-fungsi pengawasan dan fungsi-fungsi monitoring di internal perumdam kita. Kecuali kalau beliau berdua angkat tangan baru wali kota yang turun,” ujarnya.

Sementara itu mengenai teknis penyaluran air bersih dari IPA Gunung Lingai, Direktur Teknik Ali Rachman AS menjelaskan, kapasitas produksi IPA Gunung Lingai dengan kapasitas 50 liter per detik saat ini untuk pelayanan diseputar Jalan D.I Panjaitan, Damanhuri, Mugirejo, jika memungkinkan distribusi air hingga ke Jalan PM Noor dan Jalan Sentosa.

“Kami berikan penyaluran air bersih secara bertahap. Yang biasa giliran per 3 hari mungkin nanti bisa per 2 hari bahkan kalau memungkinkan 24 jam,” terangnya.

Untuk mencapai distribusi air 24 jam, Ali Rachman menegaskan akan dilakukan bertahap.

“Untuk menuju distribusi air 24 jam dilakukan bertahap. Air gak bisa langsung mengalir. Karena pipa yang ada sudah berumur puluhan tahun. Kita tidak tau kondisi pipa di bawah tanah itu bagaimana, semoga tidak ada kendala,” pungkasnya. 

Turut pula hadir Sekretaris Kota Samarinda Sugeng Chairuddin, Direktur Utama Perumdam Tita Kencana Kota Samarinda Nor Wahid Hasyim didampingi Direktur Teknik Ali Rachman AS. (adv)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES