Peristiwa Nasional

Gempa Kembali Guncang Mentawai, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami

Rabu, 05 Mei 2021 - 10:55 | 32.75k
Ilustrasi - Gempa di Mentawai. (FOTO: merdeka.com)
Ilustrasi - Gempa di Mentawai. (FOTO: merdeka.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Gempa bumi kembali mengguncang wilayah Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Kali ini gempa di Mentawai tersebut terjadi pada Rabu (5/5/2021) pukul 08.24.35 WIB.

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan informasi awal gempa tektonik tersebut berkekuatan magnitudo (M) 5,8 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M 5,7. 

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,06 LS dan 99,59 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 1 kilometer (km) arah Timur Kota Tuapejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pada kedalaman 41 km. 

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno menjelaskan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi. 

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (5/5/2021).

Guncangan gempabumi tersebut dirasakan di daerah Mentawai IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Painan III-IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Padang, Pariaman III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), Bukittinggi, Padang Panjang, Payakumbuh II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). 

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. 

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi di Mentawai tidak berpotensi tsunami. 

BMKG juga melaporkan, hingga pukul 08.45 WIB, belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Dua hari lalu, tepatnya Senin (3/5/2021) pukul 00.46 WIB, juga terjadi gempabumi di Mentawai. Gempa tektonik berkekuatan M5,7 mengguncang Tua Pejat, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. 

BMKG menyebut pusat gempa tersebut berada pada 35 km tenggara Tua Pejat, Mentawai. Titik gempanya berada di kedalaman 29 km dengan koordinat 2,34 lintang selatan dan 99,66 bujur timur. Gempa di Mentawai saat itu juga tidak berpotensi tsunami. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES