Peristiwa Daerah

Polda Metro Jaya Imbau Masyarakat Shalat Idul Fitri di Rumah

Rabu, 05 Mei 2021 - 10:36 | 33.52k
Masyarakat Jabodetabek saat menggelar salat Idul Fitri tahun 2020 di rumahnya (FOTO: Instagram/Antorobilly)
Masyarakat Jabodetabek saat menggelar salat Idul Fitri tahun 2020 di rumahnya (FOTO: Instagram/Antorobilly)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya, Kombes Marsudianto mengimbau warga untuk menjalankan ibadah shalat Idul Fitri di rumah masing-masing. Imbauan tersebut untuk mengurangi penyebaran covid-19.

Marsudianto tidak mempermasalahkan pemerintah sudah mengeluarkan edaran salat Idul Fitri boleh ke Masjid, namun lebih aman di rumah aja.

Idul-Fitri-2.jpg

Selain Salat Idul Fitri, dia juga mengimbau agar silaturahmi masyarakat juga konsisten menerapkan protokol kesehatan. Jika lalai, dikhawatirkan menimbulkan kluster baru varian covid-19.

"Untuk kegiatan shalat Id kalau bisa di rumah saja, itu tidak akan mengurangi makna daripada shalat itu sendiri," kata Marsudianto di Jakarta, Rabu (5/5/2021).

Kendati demikian, Marsudianto mengatakan itu hanya sekadar imbauan. Sebab, keputusannya tetap berada di masing-masing individu masyarakat. 

Idul-Fitri-3.jpg

"Kami kan hanya mengusulkan saja, tapi ya terserah masyarakat kalau itu memang diyakini nyaman di masjid ya kami persilakan, ini semata untuk menjaga kesehatan," imbuhnya.

Di sisi lain, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelummya mengatakan bahwa pihaknya berencana mengizinkan pelaksanaan Shalat Id di area terbuka.

Alasannya, karena di area terbuka itu pengaturan jarak antar-jamaah akan lebih mudah dilakukan. Nantinya, kebijakan ini akan diatur lebih lanjut dalam Surat Edaran Sekda DKI.

"Kami mempertimbangkan untuk mengizinkan pelaksanaan shalat Idul Fitri di area terbuka, karena mudah untuk mengatur jaraknya. Regulasinya nanti sesuai dengan arahan Surat Edaran Sekda DKI. Jika kondisinya memungkinkan, semoga kita bisa istiqomah menjaga protokol kesehatan agar ikhtiar kita ini bisa berjalan dengan lancar," kata Anies Baswedan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES