Ekonomi

Sri Untari: Koperasi SBW Jadi Contoh Membangun Hubungan Industrial Berbasis Pancasila

Rabu, 05 Mei 2021 - 10:29 | 52.97k
Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Sri Untari Bisowarno saat reses di Gedung SBW Malang, Selasa (4/5/2021) sore. (FOTO: Dok. Sri Untari)
Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Sri Untari Bisowarno saat reses di Gedung SBW Malang, Selasa (4/5/2021) sore. (FOTO: Dok. Sri Untari)

TIMESINDONESIA, MALANG – Koperasi Setia Budi Wanita (SBW) Malang merupakan contoh dalam membangun relasi antara pekerja dengan petinggi ataupun pemilik usaha. Koperasi SBW Malang menjadi contoh hubungan industrial berbasis Pancasila.

"Semua karyawan ikut menjadi pemilik Koperasi SBW. Tidak semua perusahaan mau memberikan saham kepada karyawan, inilah yang menjadi keunggulan SBW," kata anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Sri Untari Bisowarno saat reses di Gedung SBW Malang, Selasa (4/5/2021) sore.

Menurut Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) itu, sebagai koperasi yang telah lama eksis di Indonesia, SBW berhasil membuat sebuah pola hubungan kerja yang baik, dengan tidak meninggalkan aspek kesejahteraan pekerja dan kesetaraan dalam bekerja. 

sri-utarice27e1908e9e5322.jpgPara peserta reses periode II tahun 2021 di  di Gedung SBW Malang, Selasa (4/5/2021) sore. (FOTO: Dok. Sri Untari).

"SBW selalu saya jadikan contoh untuk hubungan industrial yang ideal, jarak antara pimpinan tertinggi dengan yang di bawah, hasil usaha (HU) hanya berjarak tiga kali lipat. Hal ini dalam rangka mempercepat kesejahteraan bersama," tuturnya.

Dengan menggunakan sistem tanggung renteng, lanjut dia, dapat menjadikan Koperasi SBW sebagai koperasi yang terus tumbuh besar dan eksis di Malang Raya.

Terlebih di masa pandemi Covid-19, SBW selalu mengedepankan kesejahteraan anggotanya. Mulai dari penyelenggaraan pendidikan, jaminan kesehatan, hingga pemenuhan kebutuhan anggota akan tempat tinggal.

"Ini adalah cara kita, bagaimana seluruh yang bekerja di sini dilindungi oleh lembaga," ujar Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim itu.

Selain meningkatkan kesejahteraan anggota, kata Untari, Koperasi SBW juga akan melaksanakan peningkatan kompetensi anggotanya melalui pelatihan profesi. 

"Dalam waktu dekat SBW akan melakukan pelatihan dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi, untuk menaikan profesionalitas pekerja," tuturnya.

Ia kembali menandaskan bahwa Koperasi SBW merupakan percontohan bagi dunia industri modern di Indonesia, untuk selanjutnya bisa mengembangkan usaha sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

"Apa yang dibangun oleh SBW ini adalah contoh bagaimana membangun hubungan industrial yang berbasis Pancasila," tegasnya.

Penjelasan tentang Koperasi SBW sebagai contoh tersebut, dilakukan Sri Untari dalam konteks menjabarkan mengenai Undang-Undang Ketenagakerjaan. Serta pentingnya kolaborasi antara seluruh elemen yang ada dalam membangkitkan perekonomian bangsa yang tengah terimbas pandemi Covid-19. 

"Sehingga segala sesuatu yang berkenaan dengan perubahan, baik naik maupun turun dari perusahaan itu dimengerti oleh karyawan, dan seluruh karyawan juga dijamin urusan kesehatan dan hari tua mereka," kata Sri Untari yang juga Ketua Umum Koperasi SBW Malang.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES