Peristiwa Daerah

Jelang Lebaran Pusat Perbelanjaan Diserbu Pengunjung, Wali kota Samarinda Turunkan OPD

Rabu, 05 Mei 2021 - 09:30 | 26.45k
Kondisi Pasar Pagi jalan Gajah Mada dipadati pengunjung (foto: capture video WA)
Kondisi Pasar Pagi jalan Gajah Mada dipadati pengunjung (foto: capture video WA)

TIMESINDONESIA, SAMARINDA – Memasuki akhir bulan ramadan, menjadi tradisi masyarakat Indonesia untuk waktunya berburu baju baru di pusat-pusat perbelanjaan, baik di pusat perbelanjaan modern maupun pasar tradisional.

Namun di tengah kondisi pandemi covid-19 menjadi hal yang rawan ketika masyarakat memenuhi pusat-pusat perbelanjaan tersebut. Karena penyebaran virus covid-19 bisa saja dengan mudah bergerak dengan masif.

Untuk menghindari kerumunan, Wali Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Andi Harun meminta kepada Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan (Kadisdag), Kepala Satpol PP, Dishub, Camat dan lurah untuk membentuk posko terpadu di Pasar Segiri, Pasar Pagi, Pasar Sungai Dama, Pasar Rahmat dan pasar lain yang biasa ramai pengunjung. 

“Dengan tugas harus tertib parkir. Sejak pintu masuk hingga aktivitas dalam pasar untuk memotivasi atau kampanye 3M, serta mengurai kerumunan bagi pengunjung dan pedagang,” ungkap Andi Harun.

Andi Harun juga memerintahkan agar ada penanggung jawab posko dan personil posko. 

“Tentukan SOP operasi posko, pengendalian dan pengawasan. Bila dipandang perlu ditetapkan insentif bagi pelaksana operasi dan bila sudah selesai, RAB nya diajukan ke Satgas Covid-19,” tegasnya.

Kemudian untuk Dishub dan Satpol PP Andi Harun meminta agar memperhatikan pengaturan lalulintas jalan-jalan dalam Kota dan ruas jalan lain yang kerap menjadi kawasan macet. 

“Untuk itu juga dilakukan dan dibentuk tim Covid-19 pengaturan kerumunan  R4 dan R2, agar tidak terjadi penumpukan” katanya.

Kemudian untuk kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK), BPBD, Camat, dan Lurah untuk segera saling berkoordinasi dengan Disdag, Dishub, dan Satpol PP serta OPD terkait.

Untuk Diskominfo kata Andi Harun dilakukan koordinasi dengan media untuk penggalangan kampanye belanja kebutuhan dan aktivitas warga jelang dan pasca Idul Fitri 1442 H

“Tingkatkan intensitas kampanye 3 M dan bahaya penyebaran Covid-19 di media cetak dan elektronik, termasuk media sosial serta media luar ruang. Setelah hari ini selesai, insya Allah besok kita akan rapat koordinasi di Balaikota" jelasnya

Andi Harun berpesan semu pihak memperkuat sinergi mempertahankan capaian penanggulangan Covid-19 Samarinda terutama menjelang dan pasca lebaran Idul Fitri 1442 H. 

"Terimakasih atas etos kerja pro aktif semua pihak. Disamping ini tugas mulia kita juga insya Allah bernilai ibadah karena untuk kepentingan keselamatan dan kesehatan warga Kota Samarinda,” kata Wali Kota Samarinda Andi Harun. (adv)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES