Peristiwa Daerah

Kamis Pukul 00.00 WIB, Tol Jakarta - Cikampek Resmi Disekat

Rabu, 05 Mei 2021 - 08:08 | 48.25k
Tol Jakarta-Cikampek yang akan disekat untuk mendukung peniadaan atau larangan mudik lebaran. (FOTO: Kompas.com)
Tol Jakarta-Cikampek yang akan disekat untuk mendukung peniadaan atau larangan mudik lebaran. (FOTO: Kompas.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk secara resmi bakal melakukan penyekatan di KM 31 Tambun Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai Kamis (6/5/2021) mulai pukul 00.00 WIB nanti. Hal itu sejalan dengan adanya aturan larangan Mudik Lebaran dari 6-17 Mei nanti.

“Mungkin sebagai contoh yang bisa kami sampaikan yang sudah fix melalui komunikasi dengan pihak kepolisian untuk titik penyekatan di KM 31 Tambun pada 6 Mei 2021 pukul 00:00 WIB,” kata Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Divison Head Reza Febriono, dikutip dari Kompas.com.

Ia menyampaikan, pihaknya masih berkoordinasi dengan beberapa pihak untuk melakukan titik penyekatan di tol lain oleh kepolisiaan wilayah, Kementerian Perhubungan, dan Dinas Perhubungan (Dishub) kabupaten/kota setempat. Untuk Tol Solo-Ngawi, Jasa Marga akan melakukan titik penyekatan di sekitar Sragen.

Ia menjelaskan, pihaknya akan melakukan strategi selama masa peniadaan mudik lebaran tersebut. Salah satunya yakni akan memasang CCTV di lokasi titik penyekatan. Termasuk di akses ke luar dan masuk.

Selanjutnya yakni akan melakukan pemantauan arus lalu lintas (ldi jalan tol melalui udara, khususnya di Pulau Jawa bersama Indonesia Flying Club (IFC). Kata dia, untuk patroli udara akan dilakukan pada arus mudik 5-6 Mei 2021 dan arus balik pada 16-17 Mei 2021 untuk dilaporkan ke Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC).

Setelah itu, akan melakukan sosialisasi peniadaan mudik dan pengetatan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) kepada pengguna jalan melalui Variable Message Sign (VMS). Menyediakan petugas operasional dan Tim Satuan Petugas (Satgas) dengan prioritas yang sudah menerima vaksin Covid-19.

Selain itu, dilakukan penanganan kecelakaan dengan Rescue Udara oleh Basarnas. Jasa Marga juga melakukan perbaikan on/off ramp TIP KM 19A, KM 57A, dan KM 71B di Tol Jakarta-Cikampek. Hal itu dilakukan untuk menyekat mudik lebaran 2021.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES