News Commerce Indonesia Bangkit

SMK Muhammadiyah 1 Pandaan Unggul, Dinamis, dan Berkemajuan

Rabu, 05 Mei 2021 - 00:08 | 255.39k
SMK Muhammadiyah 1 Pandaan memiliki proses pendidikan yang menunjang penciptaan tenaga kerja yang well knowledge, well skill, dan well behavior. (Foto-foto: SMK Muhammadiyah 1 Pandaan for TIMES Indonesia)
SMK Muhammadiyah 1 Pandaan memiliki proses pendidikan yang menunjang penciptaan tenaga kerja yang well knowledge, well skill, dan well behavior. (Foto-foto: SMK Muhammadiyah 1 Pandaan for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, PANDAAN – SMK Mutu merupakan nama beken SMK Muhammadiyah 1 Pandaan yang memiliki motto Unggul, Dinamis, dan Berkemajuan. Dengan nama beken itu diharapkan sekolah yang beralamat di Jalan Raya Pandaan - Bangil KM 02 Kebonwaris Pandaan Pasuruan Jawa Timur, ini mampu menciptakan lulusan yang unggul dan berdaya saing tinggi.

Muhammadiyah 2

SMK Mutu Pandaan memiliki lima jurusan unggulan, yakni Asisten Keperawatan, Teknologi Labolatorium Medik, Farmasi Klinis dan Komunitas, Perbankan Syariah, dan Teknik Komputer dan Jaringan.

 “SMK Mutu Pandaan ditargetkan mampu menciptakan lulusan yang memiliki well knowledge, well skill, dan tentunya yang paling penting adalah well behavior,” kata Nurlina Khomsah, Waka Kurikulum SMK Muhammadiyah 1 Pandaan.

Lina, sapaan akrab Nurlina Khomsah, Lina, well knowledge yang dimaksud adalah siswa dibekali materi-materi yang sesuai dengan kurikulum pada setiap jurusan dan disinkronkan dengan dunia usaha/industri dan dunia kerja (Dudika). Sinkronisasi kurikulum ini diharapakan melahirkan lulusan yang kompeten di bidangnya.

“Sebagai sekolah COE (Centre of Excellent) sinkronisasi kurikulum sangatlah penting untuk menyesuaikan kurikulum sekolah dan menyelaraskan dengan kondisi di industri, sehingga keterserapan lulusan SMK ke sektor industri juga tinggi,” kata Lina.

Muhammadiyah 3

Faktor lain yang mendukung, menurut Lina, adalah well skill. Sebagai sekolah kejuruan tentunya well knowledge saja tidaklah cukup, siswa pun dibekali skill yang sesuai dengan jurusannya. Jurusan Asisten Keperawatan, Teknologi Laboratorium Medik, Farmasi Klinis dan Komunitas dibekali well skill sebagai seorang tenaga medis, Perbankan Syariah dibekali well skill pelayanan prima kepada nasabah yang sesuai dengan standar perbankan syariah.  

Demikian juga,  lanjut Lina, Teknik Komputer dan Jaringan juga dibekali well skill dibidang teknik komputer. Penanaman well skill ini melalui pembelajaran praktik pada materi produktif, dimana persentasi praktik hampir mencapai 80%, jika dibandingkan dengan materi-materi lainnya.

Lina juga menyampaikan bahwa tak hanya well knowledge maupun well skill saja yang menjadikan lulusan unggul dan mampu bersaing nantinya. Namun, ada poin utama yang harus dimiliki lulusan SMK Muhammadiyah 1 Pandaan yaitu well behavior.

Penanaman well behavior, kata Lina, tidaklah bisa instan namun melalui pembiasaan-pembiasaan hal kecil, seperti penanaman karakter agama yaitu salat Dhuha, salat berjamaah, dan baca Alquran bersama.

“Selain karakter rohani yang ditanamkan, budaya kerja pun juga diterapkan di lokasi sekolah. Penanaman well behavior yang paling penting yaitu akhlaq. Akhlaq di sini yaitu memiliki etika hubungan antar teman, guru ataupun orangtua yang dilandasi norma-norma yang berlaku,” pungkas Waka Kurikulum SMK Muhammadiyah 1 PandaanPasuruan, ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : M. Rofiul Achsan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES