Pendidikan

Kesulitan Belajar Daring di Masa Pandemi, Siswa di Ciamis Pakai Radio HT

Selasa, 04 Mei 2021 - 20:35 | 49.30k
Murid di MI Pasawahan, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis menggunakan Radio HT untuk belajar di masa pandemi (foto: Dok. Yayat)
Murid di MI Pasawahan, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis menggunakan Radio HT untuk belajar di masa pandemi (foto: Dok. Yayat)

TIMESINDONESIA, CIAMIS – Kesulitan belajar daring di masa pandemi ini membuat para murid di Ciamis ini menggunakan Radio Handy Talky (HT) untuk belajar. Para siswa Ciamis tersebut merupakan anak-anak sekolah tingkat MI (Madrasah Ibtidaiyah) Pasawahan, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis.

Keterbatasan sinyal karena berada di daerah pelosok membuat para murid di sekolah tersebut belajar menggunakan Radio HT selama pandemi ini. Selain itu, banyak juga murid di sekolah tersebut yang tidak memiliki smartphone.

"Jadi, agar murid masih bisa belajar, kami mengakalinya dengan Radio HT. Namun, belajar seperti ini masih kurang efektif. Sebab, Radio HT hanya mengirim suara saja, tidak bisa kirim gambar," jelas guru tingkat MI Pasawahan tersebut, Yayat Hayatul Hasani, Selasa (4/5/2021).

Kesulitan belajar tersebut bisa dikatakan, pendidikan di Indonesia masih belum merdeka. Sebab, cara belajarnya tersebut menjadi kesenjangan dengan cara belajar para murid yang mampu belajar secara daring.

"Maka, jangan samakan antara pendidikan di kota dan di kampung. Adil itu bukan harus sama, tetapi adil itu harus menempatkan sesuatu pada tempatnya," tegasnya.

Namun, para siswa Ciamis dan guru di sekolah tersebut tetap bersyukur karena masih bisa melakukan proses pembelajaran di masa pandemi ini dengan menggunakan Radio HT.

"Jadi, penggunaan Radio HT ini difasilitasi oleh RAPI (Radio Antar-Penduduk Indonesia). Walau hanya lima unit saja, tetapi masih bisa kita atasi dengan belajar per kelompok," tutur guru honorer yang gajinya hanya Rp300 ribu per bulan tersebut.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES