Peristiwa Nasional Jejak Virus Corona B117

Mutasi Corona Sudah Masuk ke Indonesia, Ini Kata Satgas Covid-19

Selasa, 04 Mei 2021 - 20:38 | 54.49k
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito. (FOTO: dok BNPB)
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito. (FOTO: dok BNPB)
FOKUS

Jejak Virus Corona B117

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mangatakan, masyarakat harus ekstra waspada menerapkan protokol kesehatan. Itu karana, saat ini ada tiga varian mutasi corona sudah masuk ke Indonesia. Salah satunya yakni varian B1617 dari India.

"Varian B1617 dari India telah masuk Indonesia, Saya meminta masyarakat untuk tidak panik. Hal yang penting dan harus dilakukan oleh masyarakat adalah mematuhi protokol kesehatan sebagai bentuk perlindungan diri dari covid-19," katanya saat jumpa pers, Selasa (4/5/2021).

Saat ini lanjut dia, pihaknya memastikan para pasien yang terinfeksi virus corona mutasi India maupun Afrika Selatan sudah ditangani dengan maksimal.

Diketahui, satu pasien yang terinfeksi B.1617 asal India ternyata sudah meninggal dunia 16 Februari 2021 kamarin. Sementara dua kasus B.1351 asal Afrika Selatan masih diisolasi di RSPI Sulianti Saroso.

Ia menegaskan, saat ini pihaknya memperketat pintu masuk negara. Pemerintah juga sudah menutup pintu masuk bagi setiap WNA pelaku perjalanan dari India, bagi WNI dari India tetap bisa pulang namun wajib dikarantina khusus selama 14 hari, bukan 5 hari seperti orang dari negara lain.

Sebelumnya, Menkes RI Budi G. Sadikin menyampaikan, mutasi virus corona B.1351 asal Afrika Selatan dan B.1617 asal India sudah masuk ke Indonesia yakni di Bali dan juga DKi Jakarta.

Saat ini sudah ada tiga mutasi virus yang termasuk dalam varians of concern WHO yang sudah terkonfirmasi masuk ke Indonesia, yakni B117 asal Inggris 13 kasus, B.1617 India 2 kasus, dan B.1351 Afrika Selatan 1 kasus. Hal itu pun menjadi atensi Satgas Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES