Peristiwa Daerah

Jelang Idul Fitri, Banjir di Bengawan Jero Lamongan Surut

Selasa, 04 Mei 2021 - 19:10 | 29.33k
Salah satu jalan di Desa Jelak Catur, Kecamatan Kalitengah yang sempat banjir akibat luapan Bengawan Jero, kini sudah surut, Selasa (04/05/2021), Foto : Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia).
Salah satu jalan di Desa Jelak Catur, Kecamatan Kalitengah yang sempat banjir akibat luapan Bengawan Jero, kini sudah surut, Selasa (04/05/2021), Foto : Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, LAMONGANBanjir yang mengenangi 49 Desa di 6 Kecamatan di Kabupaten Lamongan dengan ketinggian yang beragam 4 bulan terakhir akibat luapan Bengawan Jero saat ini sudah surut.

Kasi Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan Muslimin menuturkan, banjir yang telah menggenangi puluhan desa akibat luapan Bengawan Jero kurang lebih 4 bulan yang lalu sudah surut.

“Kemarin itu ada sekitar 49 Desa 6 Kecamatan yang mengalami banjir. Saat ini semuanya sudah surut total,” ujar Muslimim kepada TIMES Indonesia, Selasa (04/05/2021).

Muslimin mengungkapkan, adanya banjir tersebut pastinya berdampak pada beberapa infrastruktur, utamanya jalan desa maupun jalan poros kecamatan.  

“Ada beberapa akses jalan yang rusak. Tapi mudah-mudahanlah nanti pasca ini mungkin ada perbaikan yang dilakukan oleh OPD yang yang mempunyai kewenangan untuk memperbaiki,” katanya.

Secara terpisah, Camat Kalitengah Sudjirman Sholeh menyampaikan, banjir yang terjadi di seluruh desa wilayahnya sudah surut total. Namun, menurutnya, ada hal yang perlu diantisipasi pasca terjadinya banjir.

“Saat ini kita antisipasi adanya demam berdarah. Kita juga sampaikan terima kasih kepada Pemkab Lamongan karena terlihat ada sebagian material yang direncanakan untuk menembel lubang-lubang atau jalan terpecah untuk menjadi normal kembali,” ucap Sudjirman Sholeh menanggapi surutnya banjir akibat Bengawan Jero, Kabupaten Lamongan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES