Pendidikan

Miris, Masih Ada Guru Honorer di Ciamis Bergaji 100 Ribu

Selasa, 04 Mei 2021 - 17:25 | 89.43k
Guru di Kabupaten Ciamis sedang mengajar muridnya (foto: Natasya/TIMES Indonesia)
Guru di Kabupaten Ciamis sedang mengajar muridnya (foto: Natasya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIAMIS – Miris, ternyata masih ada guru honorer di tingkat sekolah Madrasah yang mendapatkan gaji Rp100 ribu per bulan. Tepatnya, guru itu berada di beberapa sekolah Madrasah yang ada di Kabupaten Ciamis.

Jadi, di Kabupaten Ciamis  bagi yang statusnya GBPNS (Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil) TPG Inpassing, gajinya Rp2,5 juta per bulan. Sementara, bagi yang statusnya GBPNS TPG Reguler, yaitu kisaran Rp1,5 juta per bulan. Kemudian, bagi yang statusnya GBPNS Insentif, honornya Rp250 ribu per bulan.

Selanjutnya, yang statusnya GBPNS Honor Murni, tidak diketahui berapa gajinya dan diperkirakan Rp100 ribu-150 ribu per bulannya.

"Padahal, semua itu sudah diatur dalam Undang-Undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005. Namun, semua gaji itu mustahil diberikan tepat waktu setiap tanggal 1 per bulan. Pasalnya, banyak segudang regulasi yang digunakan untuk mencairkan honor tersebut," papar Ketua Umum Perkumpulan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Madrasah Indonesia (PPKMI) Kabupaten Ciamis, Taufiq Mansur, Selasa (4/5/2021).

Maka, menurutnya, guru honorer di Ciamis tersebut kurang diperhatikan. Padahal, kinerja guru PNS maupun Non PNS atau honorer itu sama saja. Bahkan, guru honorer bekerja lebih keras dan lebih cerdas.

"Apalagi, selama 19 tahun terakhir ini, belum pernah ada sebuah gerakan peduli guru honorer masa depan. Itu seperti statusnya atau pengakuannya dalam perhatian guru honorer di mata pemerintah," ungkapnya.

Karena itu, PPKMI Ciamis berharap, adanya peningkatan kesejahteraan bagi guru honorer Madrasah di Ciamis. Sebab, mereka juga dituntut untuk bekerja secara profesional.

"Jadi, wajar saja guru honorer menuntut keadilan juga. Pasalnya, kita semua juga pastinya juga berharap diperhatikan secara adil oleh pemerintah," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES