Peristiwa Daerah

Pasca Pembakaran Gedung SD oleh KKB, TNI - Polri Sambangi Kampung Kimak Papua

Selasa, 04 Mei 2021 - 16:58 | 45.07k
Salah satu Personel Satgas Binmas Noken Polri bertatap muka dengan tokoh masyarakat setempat (foto: Dokumen/POLRI)
Salah satu Personel Satgas Binmas Noken Polri bertatap muka dengan tokoh masyarakat setempat (foto: Dokumen/POLRI)

TIMESINDONESIA, PAPUA – Personel Satgas Binmas Noken Polri bertatap muka dan menyambangi masyarakat di Kampung Kimak, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Selasa (4/5/2021). Tatap muka ini dalam rangka menjalin silaturahmi dengan warga masyarakat setempat. 

Tak hanya itu, personel Satgas Binmas Noken Polri juga memastikan situasi keamanan di Kampung Kimak melalui tokoh masyarakat setempat. Diketahui di perkampungan tersebut sempat terjadi penyerangan dan teror yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) teroris Papua. 

binmas b

Kepala Suku Kabupaten Puncak, Abelom Kogoya mengatakan pihaknya sempat diancam akan ditembak oleh komplotan KKB pimpinan Numbuk Telenggen. Namun, hal itu tidak menggentarkan Abelom Kogoya.

Ia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh maupun terprovokasi oleh ulah KKB, karena aparat TNI-Polri senantiasa siap menjaga keamanan di Papua. 

Sementara itu, tokoh agama setempat Pdt. Menaser Labene sempat mengusik warga sipil di wilayah Muara, Distrik Maiberi, Puncak.

Akibatnya masyarakat yang tinggal di wilayah Muara meninggalkan rumah dan tinggal bersama sanak saudara yang berada di kampung terdekat, yakni Kampung Paluga, Kampung Kimak dan Kampung Kago. 

Diketahui, pada Senin (3/5/2021) komplotan KKB berulah kembali dengan melakukan pembakaran gedung Puskesmas, sekolah dan pengrusakan beberapa fasilitas jalan di wilayah Mayuberi, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak. 

Menanggapi hal tersebut, Pdt. Abelom Kogoya berpesan agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh ulah KKB. Abelom juga menyampaikan agar masyarakat untuk bersama-sama dengan aparat TNI-Polri menjaga keamanan wilayah Papua, khususnya Kabupaten Puncak. 

Kedatangan Binmas Noken Polri disambut dengan hangat oleh masyarakat Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Mereka merasa aman dengan kehadiran personel Polri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES