Peristiwa Daerah

Tabungan Kencreng nan Unik ala Warga Desa Campursari Ponorogo

Selasa, 04 Mei 2021 - 16:40 | 41.24k
Eni Sulistyowati penggagas tabungan kencreng di Desa Campursari Sambit Ponorogo. (FOTO:Marhaban/TIMES Indonesia)
Eni Sulistyowati penggagas tabungan kencreng di Desa Campursari Sambit Ponorogo. (FOTO:Marhaban/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Adalah Eni Sulistyowati, istri Kepala Desa Campursari Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo yang menginisiasi masyarakatnya untuk menabung dengan cara sederhana. Namanya tabungan kencreng.

Masing-masing penabung mendapatkan kaleng yang diisi uang oleh pemiliknya. "Tabungan tersebut oleh warga di sini dinamakan kencreng," ucap Eni Sulistyowati Selasa (4/5/2021).

Menurutnya cara menabung dengan kencreng tersebut sudah dilakukan oleh warga setempat sejak tahun 2019. "Ya isinya mulai dari pecahan lima ratusan, lima ribuan, hingga ratusan ribu," terang Eni.

Tabungan Kencreng

Tabungan tersebut dikumpulkan setiap satu minggu sekali bersamaan dengan kegiatan RT atau kegiatan rutin PKK Desa Campursari.

Tabungan tersebut dibuka dan dihitung secara transparan di hadapan penabung dan disetorkan ke bank. "Jumlahnya lumayan banyak dari tabungan kencreng tersebut. Ada yang terkumpul sampai Rp 20 juta lebih dan minimal ada Rp 5 juta an," ulas Eni.

Ia pun menjelaskan dalam pengumpulan tabungan kencreng tersebut tidak ada kendala berarti, bahkan warga sangat senang  dengan adanya tabungan kencreng tersebut.

"Alhamdulillah saya bisa ngumpulin uang melalui tabungan kencreng ini, dan saya bisa memenuhi kebutuhan menjelang Idul Fitri," ujar Supadmi, warga Desa Campursari.

Ia juga berharap cara menyimpan uang seperti ini bisa terus berlanjut. "Meski sedikit demi sedikit, hasilnya banyak sekali," imbuh Supadmi.

Ketika ditanya bisa terkumpul berapa dalam tabungan kencreng miliknya, warga Desa Campursari Kabupaten Ponorogo ini mengaku terkumpul Rp 7 juta lebih. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES