Peristiwa Daerah

Bupati Majalengka: Juru Kunci Sosok Teladan Dibalik Pelestarian Cagar Budaya

Selasa, 04 Mei 2021 - 16:14 | 36.37k
Bupati Majalengka, Karna Sobahi, pada saat silaturahmi dan pembinaan serta peningkatan mutu pengelolan cagar budaya. (Foto: Diskominfo Majalengka for TIMES Indonesia)
Bupati Majalengka, Karna Sobahi, pada saat silaturahmi dan pembinaan serta peningkatan mutu pengelolan cagar budaya. (Foto: Diskominfo Majalengka for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKABupati Majalengka, Karna Sobahi mengatakan, sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada juru kunci yang telah berjasa dalam pelestarian cagar budaya, Pemkab Majalengka, akan menaikkan honornya.

Hal tersebut, menurut bupati, karena peran juru pelihara atau juru kunci sangat berjasa dalam memelihara situs atau makam patilasan yang ada di kabupaten Majalengka.

Hal itu juga, karena peran mereka dalam mengurus cagar budaya sebagai salah satu tempat wisata religi punya peran penting. Dengan honor yang tidak seberapa diharapkan para juru kunci bisa memaksimal tugas dan fungsinya.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Majalengka, Karna Sobahi, pada saat silaturahmi dan pembinaan serta peningkatan mutu pengelolan cagar budaya di Aula Disparbud, Majalengka, Selasa (4/05/2021).

Bupati Majalengka a

"Untuk itu, kita akan memperhatikan para bapak semuanya dengan menaikan honornya. Selain itu pemeliharaan situs yang sudah di data oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan harus terus dilaksanakan supaya keberadaan cagar budaya dan situs dalam terpelihara," harapnya.

Kepala Disparbud Kabupaten Majalengka, Lilis Yuliasih menambaahkan, dalam rangka pembinaan sekaligus memberikan sumbangsih terhadap para juru kunci yang menjaga patilasan atau makam keramat maka Disparbud rutin setiap tahun melakukan pembinaan kepada mereka

"Saat ini juru pelihara atau juru kunci yang terdata di Disparbud Majalengka sebanyak 125 yang tersebar di Kabupaten Majalengka. Dan mereka pada tahun 2021 ini, kita kasih honor Rp 120 ribu/bulan," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES