Ekonomi

Berkualitas Tinggi, Sarung Tenun Desa Wedani Gresik Masuk Pasar Ekspor

Selasa, 04 Mei 2021 - 16:11 | 128.36k
Pelepasan ekspor Sarung Desa Wedani Gresik (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Pelepasan ekspor Sarung Desa Wedani Gresik (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIKSarung tenun asal Desa Wedani Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik Jawa Timur berkualitas tinggi. Bahkan, sudah diekspor ke sejumlah negara mulai Jeddah, Brunai Darussalam, Ethiophia dan Uni Emirat Arab (UEA).

Pada Selasa (4/5/2021), dengan bangga Wabup Gresik Aminatun Habibah didampingi Kepala Bea Cukai Bier Budy Kismulyanto, Ketua Dekranasda Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani, Kadiskoperindag Agus Budiomo saat menandai ekspor perdana sarung Desa Wedani.

Kepala Kantor Pengawasan dan pelayanan Bea dan Cukai Gresik, Bier Budy Kismulyanto bahwa pengiriman ekspor kali ini bukan yang pertama, karena menurutnya pada awal Januari 2021 lalu sarung Wedani Cerme sudah melakukan ekspor.

Menurut catatan Bea Cukai, pada Januari lalu kami sudah pernah memfasilitasi ekspor sarung Wedani ke beberapa negara timur tengah.

Sarung Tenun Gresik w

"Kami berharap ekspor kedua kali ini akan semakin membuka pasar ekspor baru dan sarung wedani Cerme Gresik semakin di kenal di manca negara,” ucap Bier.

Pada kesempatan itu salah satu anggota tim assessment dari Jakarta yaitu CEO PT Kakean Primanda Indonesia juga ikut melepas ekspor sarung kali ini.

Dengan ekspor sarung Wedani kali ini dapat membuka kran ekspor semakin besar dan pada akhirnya dapat menyerap banyak tenaga kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat. "Kami sangat mendukung agar ekspor sarung ini bisa mendongkrak perekonomian masyarakat," ucapnya.

Diakui oleh Wabup, sejak masa pandemi ini perekonomian masyarakat sempat terpuruk. Kami berharap UMKM sarung desa wedani bisa mencari terobosan.

“Kami tahu, kualitas sarung produksi masyarakat Wedani ini sangat berkualitas bagus. Saya sudah melihat proses pembuatannya. Hasilnya sangat luar biasa," tambah Wabup saat menandai ekspor sarung tenun Desa Wedani Kabupaten Gresik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES