Peristiwa Nasional

Menkes RI: Waspadai Penyebaran Mutasi Virus Corona dari India dan Afsel

Selasa, 04 Mei 2021 - 14:59 | 36.00k
Menkes Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan keterangan persnya. (Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)
Menkes Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan keterangan persnya. (Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Kesehatan RI (Menkes RI) Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat untuk berhati-hati dan mewaspadai penyebaran mutasi virus Corona baru yang berasal dari sejumlah negara, yaitu India, Afrika Selatan, maupun Inggris.

Mutasi virus tersebut diketahui sudah masuk ke Indonesia namun hingga kini masih dapat dikendalikan. Hal itu disampaikan Menkes RI dalam keterangan pers bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (3/5/2021).

BUDI B

"Hal yang kedua yang juga menjadi kewajiban kita untuk hati-hati, tadi juga sudah dilaporkan kepada Bapak Presiden, karena sudah ada mutasi baru yang masuk yaitu mutasi dari India ada dua insiden yang sudah kita lihat, dua-duanya di Jakarta, dan satu insiden untuk mutasi dari Afrika Selatan yang masuk, itu yang ada di Bali," papar Budi dikutip dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/5/2021).

Sebelumnya, mutasi dari Inggris telah terlebih dahulu terdeteksi di Indonesia pada 13 insiden. Mutasi-mutasi virus dari ketiga negara tersebut, menurut Menkes, termasuk kategori varian of concern atau varian yang sangat diperhatikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). "Karena penularannya relatif lebih tinggi. Ini harus kita jaga," jelasnya.

Upaya untuk mencegah agar mutasi virus tersebut menyebar pun perlu dilakukan segera dan menjadi tugas bersama dari seluruh pihak. Isolasi dan disiplin melakukan pelacakan serta pengetesan bagi kontak erat menjadi salah satu upayanya.

Selain itu, Menkes juga mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat guna melindungi diri dari penularan mutasi virus tersebut.

"Apapun virusnya, apapun mutasinya, kalau kita disiplin protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, InsyaAllah harusnya penularan tidak terjadi. Itu sebabnya kenapa saya akan terus menerus mengingatkan bahwa disiplin protokol kesehatan itu harus dijalankan oleh kita semua di manapun kita berada," tandas Menkes RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES