Peristiwa Daerah

Semarak Ramadan, Pemuda di Aceh Selatan Gelar Lomba Keagamaan

Selasa, 04 Mei 2021 - 13:34 | 25.15k
Panitia pelaksanaan Semarak Ramadan 2 di Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh (Foto: Dok Panitia/TIMES Indonesia)
Panitia pelaksanaan Semarak Ramadan 2 di Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh (Foto: Dok Panitia/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, ACEH – Forum Mahasiswa Santri dan Pemuda Panton Bili (Formas PP) Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh menggelar Semarak Ramadan 2 yang digelar dihalaman Masjid Al-Muflihin desa setempat.

Ketua umum Formas PP, Sabdam Husen menjelaskan, kegiatan Semarak Ramadan 2 yang digelar pihaknya memperlombakan beberapa cabang lomba keagamaan. Salah satunya lomba Khutbah Jum'at bagi aparatur gampong.

semarak ramadan b

"Kenapa lomba ini kami anggap penting, karena kami menginginkan semua aparatur Desa Panton Bili pandai dan paham terkait Khutbah Jum'at. Dan Alhamdulillah, mereka (aparatur) menyambut baik lomba tersebut," ujar Sabdam Husen dalam keterangan diterima TIMES Indonesia, Selasa (4/5/2021).

Selain itu, kata Sabdam, di Semarak Ramadan 2 ini mereka juga memperlombakan cerdas cermat tingkat pemuda, Tahfizd Qur'an tingkat SD, SMP, hafalan sifat 50 tingka SD, SMP dan lomba Adzan tingkat SD dan SMP.

Sementara itu, Ketua Pemuda Desa Panton Bili, Muzakir menyambut baik atas terlaksananya kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan keagamaan seperti ini membawa dampak bagi masyarakat umumnya dan para pemuda Desa Panton Bili khususnya.

"Lomba antar lorong ini sangat banyak manfaatnya. Contohnya pada saat pelaksanaan Semarak Ramadan 1 tahun lalu dengan memperlombakan shalat jenazah bagi pemuda. Alhamdulillah, minimal pemuda kita yang sebelumnya belum menghafal doa shalat jenazah, akhirnya mereka bisa hafal berkat lomba itu," katanya.

Ia berpesan kepada peserta lomba agar tidak cepat merasa puas dengan hasil, dan bila perlu para peserta tersebut nantinya untuk ikut serta dalam hal kegiatan serupa namun bukan lagi di tingkat desa, tapi melainkan ke tingkat kabupaten, provinsi, bahkan nasional.

"Semoga adik-adik kami yang mengikuti kegiatan ini tetap diberikan semangat dan pantang menyerah," ujarnya.

Kemudian, sambung Muzakir, atas nama ketua pemuda dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, baik dari mahasiswa, santri, dan pemuda Desa Panton bili yang sudah bahu membahu dalam menyukseskan acara tersebut.

"Kegiatan ini harus terus berlanjut ke Ramadan yang akan datang. Formas PP harus terus berupaya semaksimal mungkin dalam berbagai macam kegiatan yang dapat menunjang kualitas generasi muda Panton Bili," harap Muzakir.

Kepala Desa Panton Bili, Amran Husen dalam sambutannya merasa terharu atas kekompakan mahasiswa, santri dan pamuda desanya dalam melaksanakan kegiatan keagamaan.

semarak c

"Saya atas nama perangkat desa mengucapkan terima kasih kepada Formas PP atas kepedulian terhadap generasi muda Desa Panton Bili dalam hal keagamaan, pendidikan, dan keaktifan selama bulan puasa. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan nilai-nilai keislaman bagi seluruh masyarakat, khususnya generasi muda," kata Amran Husen.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES