Peristiwa Daerah

Dishub Segera Upgrade Dua Bus Malang City Tour, DED Selesai Mei ini

Selasa, 04 Mei 2021 - 13:16 | 31.24k
Kepala Dishub Kota Malang, Heru Mulyono saat ditemui awak media beberapa waktu lalu. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Kepala Dishub Kota Malang, Heru Mulyono saat ditemui awak media beberapa waktu lalu. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGBus Malang City Tour (Macyto) yang sempat berhenti beroperasi selama beberapa tahun dalam waktu dekat ini bakal segera kembali aktif.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Heru Mulyono mengatakan, rencana pengoperasian bus Macyto ditargetkan pada tahun 2021 dengan mempunyai beberapa perubahan.

"Tahun ini ada dua bus yang kita upgrade. Bentuknya tetap terbuka, tapi lebih pendek ya. Jadi overdimensi juga harus kita perhatikan. Pasti ya kita akan mengikuti aturan standar dari Dirjen Perhubungan Darat Menhub," ujar Heru, Selasa (4/5/2021).

Setelah itu, bodi bus Macyto yang lama setelah di-upgrade nantinya akan diletakkan di wilayah Rest Area Taman Madyopuro agar bisa dimanfaatkan untuk menarik para wisatawan.

"Jadi mungkin nanti itu (body bus Macyto lama) bisa dijadikan tempat kafe ya di sana (Rest Area Taman Madyopuro)," ungkapnya.

Selanjutnya untuk perkembangan proses saat ini, dikatakan Heru, sudah masuk dalam proses pembuatan Detail Engineering Design (DED).

DED yang direncanakan selesai pada 10 Mei 2021 ini, bantinya bisa segera disampaikan kepada Wali Kota Malang, Sutiaji agar kemudian bisa masuk dalam proses pengadaan lelang.

"Nanti tanggal 10 Mei 2021 itu selesai ya. Sekarang masuk dalam proses DED," katanya.

Untuk anggaran updgrade bus Macyto, lanjut Heru, kurang lebih menelan anggaran sekitar Rp 1 miliar. "Pastinya belum tahu ya (menunggu DED selesai). Intinya kita di tahun ini sudah siapkan anggaran kurang lebih Rp 1 miliar untuk itu (bus Macyto)," katanya.

Heru menambahkan, pada 2022 Dishub Kota Malang juga akan mengusulkan penambahan armada Bus Malang City Tour untuk pengoptimalan pengoperasian. "Tahun ini kan kita upggrade dua bus ya. Tahun depan kita usulkan baru. Yang tahun ini (2021) semoga bisa kita coba operasinya di akhir tahun," ucapnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES