Indonesia Positif

Tim Fakultas Pariwisata UC Surabaya Gelar Penelitian Pangan Lokal di Bromo

Senin, 03 Mei 2021 - 16:27 | 43.83k
Team Dosen Fakultas Pariwisata Universitas Ciputra lakukan wawancara riset pangan lokal dengan salah satu narasumber lokal. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Team Dosen Fakultas Pariwisata Universitas Ciputra lakukan wawancara riset pangan lokal dengan salah satu narasumber lokal. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Program Studi Pariwisata-Bisnis Kuliner (Tourism-Culinary Business)  dan Program Studi Teknologi Pangan (FTO) Fakultas Pariwisata Universitas Ciputra atau UC Surabaya melakukan riset yang didanai oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional di masyarakat suku Tengger pegunungan Bromo Desa Wonokitri Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan.

Hari Minantyo S.Pd, M.M. selaku ketua peneliti menjelaskan bahwa makanan warisan ini pada waktunya dapat menjadi sarana promosi yang cukup potensial dalam Food Tourism suatu bangsa atau Negara

“Sebagai bagian dari budaya, pandangan manusia terhadap makanan juga mengalami perubahan yang dinamis. menyebutkan adanya beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan cara memproduksi hingga mengonsumsi makanan pada skala individu hingga kelompok,” ungkap Hari, Minggu (2/3/2020).

Hari menambahkan bahwa riset ini masih tahap awal untuk memetakan pangan lokal yang ada dikehidupan masyarakat suku Tengger, harapan dari riset ini ada nya inovasi untuk pangan lokal dimasa pandemi ini juga bagaimana meningkatkan eco wisata di kawasan wisata Bromo saat ini

jajanan Lokal

Luluk Irmahati masyarakat lokal di desa Wonokitri,  menjelaskan bahwa saat ini pangan lokal yang masih bertahan dengan khas bentuk dan rasa yang lama dan juga saat ini kalah dengan panganan modern.

“Semakin banyaknya informasi mengubah banyak gaya hidup dan pola konsumsi masyarakat di desa maupun wisatawan yang berkunjug di bromo, saat banyak wisatawan lebih memilih panganan instan atau cepat saji,” jelas Luluk. 

Luluk menambahkan media sangat berpengaruh bagi masyarakat lokal dalam mengkonsumi panganan saat ini, dan juga berharap agar dari riset ini bisa mnghasilkan panganan yang kreatif  dan banyak varian dari bahan yang ada di desa wonokitri, Tosari, Probolinggo. 

Perlu diketahui kegiatan riset ini merupakan inisasi UC Surabaya dalam Penelitian Desentralisasi yang merupakan Integrasi Pariwisata, Hotel dan Kuliner dengan Entrepreneurship dengan topik Pengembangan Bisnis Kuliner yang beranggotakan Hari Minantyo S.Pd, M.M., Dra Juliuska Sahertian M.Sc., dan Oki Krisbianto S.TP, M.Sc.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES