Peristiwa Daerah

Pasca Viral Kerumunan, Polda Metro Jaya Rekayasa Lalin di Tanah Abang 

Selasa, 04 Mei 2021 - 09:58 | 25.22k
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat memberikan keterangan pers di Jakarta (foto: Dokumen/Polda Metro Jaya)
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat memberikan keterangan pers di Jakarta (foto: Dokumen/Polda Metro Jaya)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menuturkan bahwa pasca viralnya kasus kerumunan, maka petugas dari kepolisian melakukan berbagai tindakan. Salah satunya dengan merekayasa arus lalu lintas di Pasar Tanah Abang.

Menurut Sambodo, selain berfungsi untuk mengurai kemacetan rekayasa lalu lintas tersebut juga, mencegah kepadatan warga yang datang ke pusat grosir tekstil terbesar di Asia Tenggara itu. 

Selain itu, rekayasa lalu lintas juga bertujuan untuk mencegah kerumunan massa di pasar tersebut. Jika dibiarkan membludak maka dikhawatirkan menimbulkan kluster baru Covid-19 di DKI Jakarta.

"Kita lakukan rekayasa penutupan dan pengalihan arus di Kawasan Tanah Abang," kata Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Selasa (4/5/2021).

Kemudian, dia menjelaskan titik-titik rekayasa lalu lintas itu yakni di Bongkaran, Petamburan arah Tanah Abang, Jalan Layang Jatibaru, serta Tanah Abang Blok G.

Kendati demikian, kata Sambodo, penutupan dan pengalihan arus lalu lintas ini bersifat situasional. Artinya, penerapan tergantung pada kondisi di lapangan.

Jalan-jalan yang sudah direkayasa tidak bersifat permanen. Sebelum lebaran jika kondisi sudah aman dan diperkirakan lancar maka akan dibuka kembali.

"Dilakukan sampai menjelang Lebaran, buka tutup nantinya melihat kepadatan lalu lintas," ujar Sambodo.

Seperti diberitakan, Pasar Tanah Abang dipadati pengunjung sejak Sabtu (1/5/2021) hingga Minggu (2/5/2021) sore. Menurut Pemprov DKI pengunjung yang datang ke Pasar Tanah Abang pada Sabtu kemarin hampir 200 persen dari kapasitas.

Mengantisipasi hal tersebut terulang, Pemprov DKI melibatkan unsur TNI-Polri untuk pengendalian kerumunan di Pasar Tanah Abang. Total personel yang turun ke lapangan sebanyak 2.500 orang, termasuk dari Satpol PP DKI Jakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES