Peristiwa Daerah

RSLI Surabaya Tangani 4 Pasien Pekerja Migran Indonesia dari Malaysia

Selasa, 04 Mei 2021 - 09:30 | 21.24k
Penanganan pasien PMI dari Malaysia di Ruang Neptunus RS Lapangan Indrapura Surabaya, Selasa (4/5/2021).(Foto: Dok.RSLI)
Penanganan pasien PMI dari Malaysia di Ruang Neptunus RS Lapangan Indrapura Surabaya, Selasa (4/5/2021).(Foto: Dok.RSLI)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Gelombang 14 ribu Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Jawa Timur mulai tiba di Surabaya sejak pekan lalu. Rumah Sakit Lapangan Indrapura Surabaya (RSLI Surabaya) hingga Senin (3/5/2021) telah merawat 4 pasien PMI terkonfirmasi positif Covid-19. 

Satu orang laki-laki terkonfirmasi positif pada Jumat (1/5/2021) dan dikirim ke RSLI pukul 13.30 WIB. Selanjutnya tiga orang PMI terdiri dari 2 laki-laki dan 1 perempuan terkonfirmasi positif pada Sabtu (2/5/2021) dan dikirim ke RSLI pukul 24.00 WIB. 

"Semuanya adalah PMI yang berasal dari Malaysia, yang pada saat berangkat dari Malaysia di swab dengan hasil negatif. Setelah kedatangan di Surabaya dan ditampung di Asrama Haji, serta dilakukan tes swab PCR ternyata didapatkan hasil 4 orang positif Covid-19," terang Penangggung jawab RSLI, Laksamana Pertama TNI dr. I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara, Selasa (4/5/2021). 

Hingga Senin (3/5/202) pukul 09.15, total sudah masuk sejumlah 4 orang dari gelombang PMI yang masuk ke RSLI. Mereka ditempatkan di ruangan khusus, untuk laki-laki ditempatkan di Ruang Neptunus dan untuk pasien perempuan ditempatkan di Ruang Saturnus.

Penanganan Pasien PMI dari Malaysia a

Pemisahan ini dimaksudkan untuk monitoring ketat kondisi pasien karena berasal dari luar negeri. Hal ini sebagai bentuk antisipasi terkait dinamika virus yang ada pada tubuh pasien sekaligus mencegah dampak lebih luas, serta menghindari kemungkinan merebaknya atau menularnya virus dari luar tersebut ke tempat umum di Indonesia. 

Adanya kemungkinan merupakan varian baru Covid-19 turut menjadi perhatian penting sehingga di RSLI memerlukan penanganan khusus. Untuk itu RSLI mengupayakan penanganan pasien hingga sembuh, monitoring virus dan uji lanjut tentang karakterisitik virus tersebut. 

Nalendra menambahkan, penanganan pasien kiriman dari PMI ini telah menjadi perhatian serius RSLI, ditangani dengan komprehensif serta observasi dan tindakan lebih lanjut termasuk untuk penelitian lanjutan. 

"Untuk itu mereka yang masuk RSLI akan diambil sampel ulang dan akan dikirim ke Litbangkes Jakarta guna penelitian lebih lanjut," tambahnya.

Ia menjelaskan, semua ini bertujuan sebagai bentuk antisipasi dan kesiapan fasilitas kesehatan khususnya di RSLI. Jangan sampai Covid-19 yang bersumber dari luar negeri membawa dan menebarkan varian baru yang lebih berbahaya di Indonesia. 

"Juga perlu saya tekankan, bahwa menghadapi Covid-19 ini kuncinya tetap pada ketaatan dalam menjalankan protokol kesehatan dan masyarakat jangan abai dalam setiap aktivitas yang berpotensi dalam penularan Covid-19," tandas dr Nalendra, penangggung jawab RSLI Surabaya.(*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES