News Commerce Indonesia Bangkit

Pandemi Covid-19 Tak Halangi Siswa SMK Brawijaya Durenan Trenggalek Jalani USK

Selasa, 04 Mei 2021 - 04:50 | 71.05k
Siswa SMK Kesehatan Brawijaya Durenan Jurusan Keperawatan melakukan kegiatan Uji Sertifikasi Kompetensi yang diawasi oleh asesor Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSP P3 Asnakes). (Foto-foto: SMK Kesehatan Brawijaya for TIMES Indonesia)
Siswa SMK Kesehatan Brawijaya Durenan Jurusan Keperawatan melakukan kegiatan Uji Sertifikasi Kompetensi yang diawasi oleh asesor Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSP P3 Asnakes). (Foto-foto: SMK Kesehatan Brawijaya for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, TRENGGALEK – Kendati masih berada di situasi pandemi Covid-19, semangat para siswa kelas XII jurusan Keperawatan dan Farmasi di SMK Kesehatan Brawijaya Durenan, Trenggalek, Jawa Timur, tak luntur menjalani kegiatan Uji Sertifikasi Kompetensi (USK).

Para siswa kelas XII tersebut menjalani USK dari Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Ketiga (P-3) Asisten Tenaga Kesehatan (Asnakes).

SMK Brawijaya Durenan 2Siswa SMK Kesehatan Brawijaya Durenan Jurusan Farmasi melakukan kegiatan Uji Sertifikasi Kompetensi dan diawasi oleh asesor Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSP P3 Asnakes)

“Pada tahun pelajaran 2020/2021 ini, kegiatan USK dilaksanakan mulai tanggal 6-8 April 2021. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun untuk siswa-siswi kelas XII. Kegiatan dilakukan selama 3 hari dengan rincian 1 hari uji teori dan dilanjutkan uji praktik selama 2 hari,” kata Wahyu Sugiharti SPd, Kepala Kesiswaan SMK Kesehatan Brawijaya.

Wahyu menjelaskan, kegiatan USK membekali siswa-siswi lulusan SMK Brawijaya Durenan untuk masuk ke dunia kerja dengan dibuktikan dengan sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh LSP P3 Asnakes.

“Dengan dibekali sertifikat kompetensi, siswa-siswi lulusan SMK Brawijaya Durenan dapat bekerja sebagai tenaga asisten kesehatan yang professional,” ujarnya.

Wahyu menyatakan bahwa tahun ini kegiatan USK berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini kegiatan USK selain dilakukan oleh LSP P3 Asnakes juga dihadiri oleh penguji dari RSUD dr Soedomo Kabupaten Trenggalek yang mawakili pihak dunia usaha dan dunia industri (DuDi).

SMK Brawijaya Durenan 3Siswa SMK Kesehatan Brawijaya Durenan diawasi oleh penguji dari RSUD dr.Soedomo Trenggalek

“Adanya penguji dari RSUD dr Soedomo tentu saja menambah nilai positif kegiatan USK, karena dengan hadirnya penguji dari DuDi, dapat dilihat langsung serta diuji keterampilan siswa-siswi lulusan SMK Brawijaya Durenan,” jelas dia.

Lebih jauh, Wahyu menyatakan bahwa momentum ini sangat baik digunakan untuk menambah nilai siswa SMK Brawijaya Durenan, Trenggalek, saat nanti recruitment kerja di DuDi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES