Peristiwa Daerah

Narkoba Sasar Generasi Milenial, BNNP Maluku Utara Siapkan Podcast War On Drugs 

Senin, 03 Mei 2021 - 20:45 | 36.00k
Kepala BNNP Malut, Brigjen Pol. Roy Hardi Siahaan saat menjadi narasumber perdana di Podcast war on drugs. (Foto: Wahyudi/TIMES Indonesia)
Kepala BNNP Malut, Brigjen Pol. Roy Hardi Siahaan saat menjadi narasumber perdana di Podcast war on drugs. (Foto: Wahyudi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TERNATE – Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi atau BNNP Maluku Utara (Malut), Brigjen Pol. Roy Hardi Siahaan, mengungkapkan peredaran gelap narkotika sudah sasar generasi milenial.

Hasil pemeriksaan BNNP Malut terhadap salah satu bandar yang ditangkap di Ternate ditemukan sebanyak 125 bungkus narkotika jenis ganja siap edar. Ganja tersebut kata Brigjen Pol. Roy, disiapkan yang bersangkutan untuk mahasiswa dan anak-anak.

"Artinya kalau kita liat angka peredaran untuk anak-anak atau anak sekolah itu sudah ada,"ujar Kepala BNNP Malut ketika dikonfirmasi TIMES Indonesia di Ternate, Senin (3/5/2021).

Hal itu kata dia, terbukti pada 27 Maret 2021 kemarin, Polda Malut berhasil mengamankan lima orang yang sedang asyik mengkonsumsi narkoba di Benteng Orange Ternate. Dari kelima orang itu, empat masih tercatat sebagai siswa SMA.

Polda kemudian mengirimkan pelaku tersebut ke BNNP untuk dilakukan asesmen. Roy memastikan, kejadian itu menandakan bahwa peredaran barang haram itu sudah masuk ke kalangan mahasiswa dan siswa.

"Peredarannya kita pastikan banyak. Karena apa, kita tidak mengedepankan penangkapan terhadap mereka yang hanya sekedar sebagai penyalahguna. Tapi yang kita tangkap adalah pengendar sebelum sampai ke pengguna,"kata Brigjen Pol. Roy

Upaya BNNP Malut Perang Narkoba di Kalangan Milenial 

Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara resmi meluncurkan ruangan multiguna War On Drugs di lantai I kantor BNNP, Kelurahan Kalumata, Ternate Selatan, Kota Ternate, Jumat (30/4/2021).

Ruangan tersebut terdiri dari tempat asesmen Terpadu (TAT), media diskusi dan sosialisasi pencegahan dan pemberantasan narkoba melalui Podcast.

"Kita buat tempat representatif ini supaya mereka (generasi milenial) punya ide dan talenta itu bisa disalurkan disini,"ucap Roy Hardi Siahaan

Podcast tersebut dapat digunakan oleh masyarakat khususnya generasi milenial di Kota Ternate. Caranya pun sangat mudah, cukup membuat surat atau menghubungi nomor kontak yang disediakan oleh BNNP Malut.

Kemudahan itu diberikan semata agar anak-anak muda di Ternate dapat mengakses fasilitas tersebut. Pasalnya, Kepala BNNP Malut sendiri tidak menginginkan generasi muda rusak karena narkoba.

"Masa depan bangsa ini kan sangat tergantung dengan mereka generasi muda. Jadi sekarang, anak-anak muda ini saluran idenya bisa langsung disini (Podcast BNNP),"pungkas Roy

Disamping itu juga telah membuat rencana aksi dan deklarasi perang melawan narkoba di lingkungan pendidikan antara BNNP Maluku Utara, Pemprov Malut, Pemkot Ternate, Civitas Akademika/Perguruan Tinggi, SMA, SMK/MA, dan SMP/Mts se-Kota Ternate, pada 6 April 2021 lalu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES