Peristiwa Daerah

Koin Ramadan PCNU Banyuwangi Tembus Hingga Ratusan Juta Rupiah

Senin, 03 Mei 2021 - 19:28 | 26.30k
Pengumpulan dana gerakan koin Ramadan PCNU Banyuwangi. (Foto: Riswan Efendi/TIMES Indonesia)
Pengumpulan dana gerakan koin Ramadan PCNU Banyuwangi. (Foto: Riswan Efendi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Gerakan nyata ditunjukkan oleh Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU Banyuwangi) dalam melayani masyarakat khususnya untuk kaum fakir miskin di bumi Blambangan ini. Salah satunya dengan adanya Gerakan kirab koin Ramadan yang perolehannya tembus hingga ratusan juta rupiah.

Pelaksanaan penggalangan dana melalui Lembaga Zakat Infaq dan Shodaqoh (Lazisnu) ini diadakan selama 25 hari dan menyasar pada masyarakat di seluruh majelis wakil cabang (MWC) serta ranting NU se-Kabupaten Banyuwangi.

Ketua Lazisnu Banyuwangi, Imron Rosyadi menuturkan koin NU sebagai media dalam melayani umat ini dimulai sejak tanggal 13 April 2021 hingga 7 Mei 2021 mendatang.

"Ini merupakan bagian dari cara NU Banyuwangi untuk laden-laden masyarakat khususnya masyarakat miskin. Diawali pada 1 Ramadan sampai 25 Ramadan nanti," ungkapnya, Senin (3/5/2021).

Hingga hari ke 20 Ramadan, Lazisnu PCNU Banyuwangi berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 205.128.000.

Nantinya uang yang terkumpul akan dikelola pada masing-masing MWC dan Ranting untuk disalurkan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan.

PCNU-Banyuwangi-2.jpg

"Dari hasil itu nantinya untuk pengelolaan akan di serahkan kepada seluruh tingkatan pengurus NU dengan presentase yang sudah termaktub dalam surat instruksi PCNU Banyuwangi," kata Imron.

Adapun dalam surat instruksi PCNU Banyuwangi nomor 255/PC/A.II/L.33/III/2021, pengelola hasil penggalangan kirab koin NU sebesar 35% untuk Lazisnu tingkat Ranting, 30% untuk Lazisnu tingkat MWC dan 25% untuk Lazisnu tingkat Cabang serta 10% untuk operasional pengelolaan.

Sementara itu, Ketua PCNU Banyuwangi, KH Ali Makki Zaini menyampaikan dalam program ini merupakan langkah yang diambil untuk mengedepankan sisi sosial dan kemanusiaan.

Dengan mengemban misi melayani yang belum terlayani dan menjangkau yang belum terjangkau, diharapkan mampu mendorong masyarakat NU untuk bersedekah, zakat, hingga Infaq melalui Lazisnu PCNU Banyuwangi.

Lanjutnya, solidaritas masyarakat NU untuk bersedekah dimasa pandemi Covid-19 ini merupakan hal yang sangat dibutuhkan.

Yang mana bertujuan untuk memberikan stimulus ekonomi masyarakat miskin di Kabupaten Banyuwangi.

"Kepedulian masyarakat terhadap sesama adalah hal yang harus terus di galakkan, di sini PCNU Banyuwangi melalui Lazisnu berkomitmen untuk terus membantu meringankan beban masyarakat. Salah satunya dengan adanya gerakan kirab koin Ramadan ini," ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES