Ekonomi

Berkah Ramadan, Perajin Kopiah Gresik Kebanjiran Order

Senin, 03 Mei 2021 - 20:00 | 45.40k
Perajin kopiah di Desa Bungah (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Perajin kopiah di Desa Bungah (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Berkah Ramadan, perajin kopiah Gresik yang berpusat di Desa Bungah Kecamatan Bungah kebanjiran order. Bahkan, kenaikan permintaan mencapai dua kali lipat dari hari biasanya.

Di desa yang berada di Gresik utara ini, ada puluhan perajin kopiah dengan berbagai merk songkok. Usaha yang ditekuni warga ini telah berjalan puluhan tahun lamanya.

Kerajinan penutup kepala khas Nusantara yang biasa dipakai shalat dan acara-acara resmi masyarakat Indonesia ini dibuat dengan memproses sejumlah bahan baku, mulai memotong kain beludru hingga menjahit bagian dalam peci.

Salah satu pemilik kerajinan songkok di Bungah, Jamaluddin mengatakan, lonjakan pemesanan terjadi tepatnya pada bulan Ramadan seperti sekarang ini. Hal itu menurutnya biasa terjadi setiap tahun.

Perajin-kopiah-2.jpg

“Ramadan tahun ini naik 100% dibanding hari biasa, dan memang setiap tahun tepatnya bulan Ramadan pasti ada lonjakan pemesanan,” katanya, Senin (3/5/2021).

Jamaludin menerangkan, untuk memenuhi permintaan pasar dirinya bahkan meminta pekerjanya untuk bekerja lembur. Saat ini pesanan banyak datang dari Banjarmasin Kalimantan. Bahkan sekali pengiriman bisa mencapai 50 hingga 100 kodi.

“Di bulan Ramadan para pengrajin lebih memilih waktu malam untuk bekerja sambil menunggu sahur, untuk pembeli kodian banyak ya sementara Kalimantan (Banjarmasin), sekali pengiriman bisa minimal 50- maksimal 100 kodi,” ungkap dia.

Ia mengaku usaha yang digelutinya itu telah berjalan selama 30 tahun dimulai sejak ayahnya yakni H. Khusnul Maarif, hingga sekarang dilanjutkan putra-putranya termasuk dirinya. Terhitung saat ini sudah ada 4 merk, diantaranya Pondok Indah, Tiga Terbang, YTH, dan Kubah Mas.

“Kalo dihitung saya berarti ya turunan pertama, Sekarang di rumah ada 4 merk, Pondok indah, Tiga Terbang, YTH, dan Kubah Mas,” ucap Jamal.

Sementara yang menjadi keunggulan kerajinan pecinya adalah, bentuk serta motifnya memiliki desain mengikuti tren, jenis motifnya ada soga, press, bordir.  "Agar bisa tetap diminati, desain buatan perajin kopiah Gresik ini selalu diperbarui," tambah dia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES