Peristiwa Daerah

Penyekatan di Banyuwangi, Polisi Temukan Rombongan Pemudik Rawan Tularkan Covid-19

Senin, 03 Mei 2021 - 17:00 | 26.11k
Polisi melakukan pemeriksaan terhadap penumpang dari Bali di pelabuhan Ketapang Banyuwangi. (FOTO: Agung Sedana/TIMES Indonesia)
Polisi melakukan pemeriksaan terhadap penumpang dari Bali di pelabuhan Ketapang Banyuwangi. (FOTO: Agung Sedana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGIPenyekatan mudik lebaran sudah mulai dilakukan di Banyuwangi. Ada empat titik yang dijaga secara ketat. Di titik penyekatan pelabuhan Ketapang, polisi menemukan puluhan penumpang rawan menularkan Covid-19.

Dari keseluruhan pemudik, nyaris tidak ada yang memiliki tanda atau surat hasil swab, antigen, GeNose atau rapid test.

Para pemudik tersebut merupakan para perantau di Bali yang hendak pulang ke Jawa, Senin (3/5/2021). Penyekatan ini dilakukan secara ketat untuk memastikan masyarakat yang dari Bali yang masuk ke Jawa melalui Banyuwangi dalam kondisi sehat.

"Kita filter pertama kali di Banyuwangi ini. Kita pastikan dalam kondisi sehat dan masuk ke Jawa dalam kondisi tidak ada masalah, tidak membawa virus," kata Kasatlantas Polresta Banyuwangi, Kompol Akhmad Fani Rakhim.

Petugas menghentikan seluruh kendaraan dari Bali yang baru turun di Pelabuhan Ketapang. Satu persatu diperiksa indentitas dan surat keterangan bebas Covid-19. Mayoritas penumpang tersebut tidak disertai surat kesehatan bebas Covid-19. Padahal, saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Penularan virus ini kemungkinan besar masih terjadi.

Menyikapi hal ini petugas Kepolisian langsung mengarahkan mereka yang tidak memilik surat keterangan bebas Covid-19 untuk melakukan pemeriksaan GeNose C19 yang ada di pintu masuk pelabuhan Ketapang.

"Itu sudah kita koordinasikan denga pihak ASDP dan Dinkes," bebernya.

Dia menambahkan, untuk sanksi putar balik bagi pemudik baru akan diterapkan mulai 6 hingga 17 Mei yang akan datang. Saat ini penyekatan hanya bersifat sosialisasi.

"Saat ini masih pengecekan awal penyekatan yang sifatnya antisipasi. Jadi kita antisipasi awal sebagai bentuk imbauan dan sosialisasi," kata Kasatlantas Polresta Banyuwangi tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES