Peristiwa Daerah

Khidmat, Keluarga Besar Unisma Peringati Nuzulul Quran bersama PWNU Jatim

Senin, 03 Mei 2021 - 15:25 | 30.01k
Peringatan Nuzulul Quran Keluarga Besar Unisma di Masjid Ainul Yaqin. (FOTO: Humas UNISMA for TIMES Indonesia)
Peringatan Nuzulul Quran Keluarga Besar Unisma di Masjid Ainul Yaqin. (FOTO: Humas UNISMA for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Universitas Islam Malang (Unisma) memperingati turunnya Al-Quran atau Nuzulul Quran dengan pembacaan sholawat diba' dan pengajian umum, Senin (3/5/2021).

Peringatan kali ini dihadiri oleh Wakil Rois Syuriah PWNU Jawa Timur KH Anwar Iskandar dan Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto di Masjid Ainul Yakin Unisma.

Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi menyampaikan bahwa Unisma bisa berkembang hingga saat ini tidak lepas karena keistiqomahan civitas akademika Unisma membaca dan mengamalkan kandunagn Al-Quran.

Nuzulul-Quran-Keluarga-Besar-Unisma-di-Masjid-Ainul-Yaqin-2.jpg

"Dari hari ke hari, Unisma semakin berkembang dan maju salah satunya berkat istiqomah membaca Alquran. Lantunan ayat suci Alquran di lingkungan kampus tidak henti-hentinya terus kita perdengarkan. Ini sebagai wujud kita untuk terus senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT," terangnya.

Selanjutnya, Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto menyampaikan kegiatan keagamaan seperti ini sangat efektif untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. "Ini menjadi filter dari hal-hal negatif yang jauh dari ajaran Islam," ujarnya.

Hal ini kata dia sangat penting. Apalagi melihat pesatnya perkembangan teknologi digital. Sebabnya, di bulan suci yang penuh berkah, ia mengajak masyarakat muslim senantiasa menjaga ketaqwaan dan keimanan.

Selain itu, kata Didik, kegiatan seperti ini dapat menumbuhkan kecintaan kita kepada sesama makhluk Allah. Dirinya juga mengucapkan selamat atas lustrum ke-8 Unisma yang atirnya Unisma telah menginjak usia 40 tahun.

"Semoga Unisma bisa mewujudkan harapannya sebagai World Class University," tuturnya.

Nuzulul-Quran-Keluarga-Besar-Unisma-di-Masjid-Ainul-Yaqin-3.jpg

Sementara itu, tausiah agama disampaikan oleh Wakil Rois Syuriah PWNU Jatim KH Anwar Iskandar. Ia mengapresiasi komitmen Rektor Unisma yang berupaya untuk membumikan Al-Quran.

"Saya apresiasi rektor yang mau membumikan Al-Quran. Ini bagus. Dengan membumikan Al-Quran, maka itu sudah cukup untuk menjadi bekal menghadap Allah SWT," bebernya.

Kiai Anwar menerangkan, Al-Quran bisa ditinjau dari berbagai aspek kehidupan yang bisa menjelaskan segala sesuatu. Tidak hanya soal manusia dengan Tuhannya, tapi ayat-ayat yang bicara tentang universal juga banyak.

"Bagaimana muamalah, tata kehidupan bermasyarakat yang baik, politik, bahkan perang. Macem-macem ya," pungkasnya.

Ulama yang juga Rois Syuriah PWNU Jatim ini berharap, dengan Al-Quran, Unisma bisa mempertahankan predikat kampus terbaik di kalangan NU se Indonesia. Predikat terbaik ini kata Kiai Anwar menjadi tantangan untuk meningkatkan segala sesuatu yang bisa ditingkatkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES