Pendidikan

Hardiknas 2021, Universitas Brawijaya Launching Program Dokar

Senin, 03 Mei 2021 - 14:16 | 48.58k
Program Dosen Berkarya (Dokar) Universitas Brawijaya dalam rangka Hardiknas 2021. (Foto: Tangkapan layar YouTube)
Program Dosen Berkarya (Dokar) Universitas Brawijaya dalam rangka Hardiknas 2021. (Foto: Tangkapan layar YouTube)

TIMESINDONESIA, MALANG – Program Dosen Berkarya atau Program Dokar diluncurkan pihak Universitas Brawijaya (UB) bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional tahun 2021 (Hardiknas 2021).

Peluncuran program baru ini pada Minggu (2/5/2021) di kampus UB dan disiarkan secara live di YouTube.

Wakil Rektor Bidang Kerjasama UB Prof. Dr.Ir. Muhammad Sasmito Djati menjelaskan Dosen Berkarya merupakan program baru yang diluncurkan UB dan berhubungan dengan profesionalisme.

ub b

“Program baru yang dilaunching di Hardiknas kali ini melibatkan kerjasama antar lembaga, bukan seperti Doktor Mengabdi yang fokusnya ke masyarakat,” katanya.

Guru Besar Bidang Ilmu Biologi Reproduksi Molekuler tersebut menambahkan dosen akan bertindak layaknya konsultan pada perusahaan dan organisasi seperti LSM, NGO, Muhammadiyah, dan Nahdlatul Ulama (NU).

Menurutnya, output dari program ini adalah membentuk kerjasama sebanyak-banyaknya antara UB dan lembaga eksternal.

"Jadi yang berinisiatif nanti harus fakultas atau jurusan bukan dosen atau individu,” jelasnya.

Selain peluncuran Dosen Berkarya, dalam peringatan Hardiknas juga diisi dengan penyerahan penghargaan kepada sejumlah fakultas atas prestasi dan kerja kerasnya dalam implementasi Merdeka Belajar

Untuk kriteria Peningkatan dan Kontribusi Pendapatan adalah Fakultas Kedokteran (juara 1), Fakultas Ilmu Administrasi (juara 2), dan Vokasi (juara 3).

Kriteria Kemahasiswaan adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (juara 1), Fakultas Kedokteran (juara 2), dan Fakultas Teknologi Pertanian (juara 3)

Kriteria jumlah mahasiswa dalam program pertukaran mahasiswa adalah Fakultas Kedokteran Hewan (juara 1), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (juara 2), dan Fakultas Teknik (juara 3).

Kriteria Pemeringkatan Internasional adalah Fakultas Pertanian (juara 1), Fakultas Teknik (juara 2), dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (juara 3).

Kriteria Jumlah Mahasiswa dalam program Bangkit adalah Filkom (juara 1), FMIPA (juara 2), dan Fakultas Teknik (juara 3).

Kriteria Jumlah Mahasiswa yang terlibat Permata Merdeka adalah Fakultas Ilmu Budaya (juara 1), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (juara 2), dan Fakultas Hukum (juara 3).

Kriteria Jumlah mahasiswa yang terlibat dalam program Kampus Mengajar adalah Fakultas Ilmu Budaya (juara 1), FMIPA (juara 2), dan FPIK serta FISIP (juara 3).

Kriteria Center of Excellence adalah Fakultas Pertanian (juara 1), FILKOM (juara 2).

Kriteria Competitive Fund adalah FMIPA (juara 1), Fakultas Peternakan (juara 2), dan Fakultas Teknik (juara 3).

Kriteria Penyelenggaraan Kelas Kolaboratif adalah Fakultas Teknik (juara 1), Fakultas Kedokteran (juara 2), dan Fakultas Kedokteran Gigi (juara 3).

Kriteria Pelaksanaan 8 bentuk MBKM Fapet (juara 1), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (juara 2), dan Fakultas Ilmu Budaya (juara 3).

Kriteria Kerjasama kurikulum MBKM adalah Fakultas Teknologi Pertanian (juara 1), Fakultas Teknik (juara 2), dan Fakultas Pertanian (juara 3).

Kriteria Penyerapan Anggaran adalah FMIPA (juara 1), Fakultas Ilmu Administrasi (juara 2), dan Fakultas Ilmu Budaya (juara 3).

Kriteria Penambahan jumlah profesor adalah Fakultas Peternakan (juara 1), Fakultas Teknik (juara 2) dan Fakultas Ilmu Administrasi (juara 3).

Kriteria Program Peningkatan Doktor adalah Fakultas Kedokteran (juara 1), Fakultas Pertenakan (juara 2), dan Fakultas Hukum (juara 3).

Program Dokar milik Universitas Brawijaya (UB) ini akan menunjang percepatan inovasi dan karya yang lahir dari civitas akademika UB. Salah satunya sebagai kado di Hardiknas 2021. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES