Pendidikan

Ubaya Bangun Rumah Sakit Pendidikan

Senin, 03 Mei 2021 - 13:51 | 95.48k
Ubaya saat melaksanakan seremonial groundbreaking pemancangan test pile, Senin (3/5/2021). (FOTO: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia)
Ubaya saat melaksanakan seremonial groundbreaking pemancangan test pile, Senin (3/5/2021). (FOTO: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Universitas Surabaya (Ubaya) memulai pembangunan rumah sakit pendidikan. Pembangunan RS Ubaya tersebut dimulai dengan pelaksanaan seremonial groundbreaking pemancangan test pile, Senin (3/5/2021).

Pembangunan rumah sakit pendidikan Ubaya ini adalah sebagai upaya Ubaya dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Serta pengelolaan lembaga, melengkapi pengembangan Fakultas Kedokteran, Ubaya.

Seremonial groundbreaking pemancangan test pile dilakukan oleh Rektor Ubaya, Benny Lianto bersama Direktur PT Keluwih Medika Surabaya yang akan mengelola RS Ubaya.

"Kita berharap sejak hari ini sampai kurang lebih 20 bulan disini nanti akan berdiri rumah sakit dengan konsep one stop service kalau bisa menjadi smart hospital," ujar Benny.

melaksanakan-seremonial-groundbreaking-pemancangan-test-pile-2.jpg

Adanya rumah sakit di lingkungan civitas academica Ubaya merupakan salah satu bentuk pelaksanaan aktivitas pengabdian kepada masyarakat. RS Ubaya sebagai rumah sakit pendidikan juga digunakan untuk mendukung proses pembelajaran mahasiswa Ubaya.

"Setelah rumah sakit ini berdiri kita mengajukan untuk menjadi rumah sakit pendidikan Butuh waktu tidak otomatis langsung. Butuh waktu 3 tahun dengan demikian rumah sakit ini bisa menjalankan fungsinya," ungkapnya.

Benny mengatakan, jika rumah sakit tersebut sudah berdiri dan sudah menjalankan fungsi sebagai layanan kesehatan maka tahap selanjutnya adalah menjalankan fungsinya sebagai rumah sakit pendidikan, penelitian dan pengandian kepada masyarakat.

melaksanakan-seremonial-groundbreaking-pemancangan-test-pile-3.jpg

Ia berharap rumah sakit tersebut bukan hanya untuk penelitian dan pendidikan Fakultas Kedokteran saja akan tetapi juga terintegrasi dan bekerja sama dengan Fakultas lain. Seperti  Fakuktas Psikologi, Bioteknologi, Farmasi dan Teknim.

"Ini untuk melahirkan riset-riset dalam bidang kesehatan yang unggul," tuturnya.

Rancangan pembangunan RS Ubaya terdiri dari 9 lantai dengan luas bangunan 28.000 meter persegi dan lahan tanah seluas 13.000 meter persegi. Terdapat lebih dari 300 ruang instalasi rawat inap dan puluhan ruang perawatan intensif akan dipersiapkan. RS Ubaya akan dibuka untuk umum dan dilengkapi dengan beberapa peralatan modern serta tenaga medis ahli yang akan menangani pasien.

PT Keluwih Medika Surabaya ditunjuk sebagai pengelola rumah sakit pendidikan Ubaya yang bergerak di bidang kesehatan menggandeng PT Medikaloka Hermina Tbk sebagai penyedia layanan kesehatan Rumah Sakit Hermina menjadi konsultan dan operator mulai dari tahap pra-operasional pembangunan hingga tahap operasional RS Ubaya. Rumah Sakit Hermina dipilih karena memiliki jaringan rumah sakit yang kuat secara nasional sehingga memudahkan untuk pertukaran resources kalau diperlukan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES