Indonesia Positif

Dosen FT UWG Malang Lolos Ideathon Bali Kembali

Senin, 03 Mei 2021 - 06:56 | 29.13k
Dr. Ir. Nurida Finahari, MT., Dosen Teknik Mesin UWG.
Dr. Ir. Nurida Finahari, MT., Dosen Teknik Mesin UWG.

TIMESINDONESIA, MALANG – Satu lagi prestasi dosen Fakultas Teknik UWG Malang yang diraih oleh Dr. Nurida Finahari. Seorang dosen program studi Teknik Mesin FT UWG dengan keminatan bidang riset biomekanika telah mengusulkan proposal riset Kegiatan Riset Kebencanaan “Ideathon Bali Kembali” yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Kegiatan Ideathon Bali Kembali adalah untuk menjaring ide/gagasan yang implementatif dan inovatif berbasis kearifan lokal. Melalui kegiatan Ideathon Bali Kembali diharapkan dapat menjadi potensi untuk memberikan manfaat bagi sektor kesehatan, pariwisata, ekonomi dan sosial budaya secara langsung kepada masyarakat Provinsi Bali dalam rangka mendukung percepatan penanganan Covidd-19.

Dr. Nurida yang dengan keminatan riset bidang biomekanik khususnya pada gerakan tari, merasa tertantang untuk mengangkat potensi ketahanan para penari bali sebagai salah satu aset budaya bali terhadap paparan Covid-19.

Selanjutnya gagasan tersebut dituangkan dalam usulan penelitian Ideathon Bali Kembali. Usulan riset yang berjudul Pemetaan Modal Ketahanan Budaya/ Resiliensi Penari Bali Terhadap Paparan Covid-19 (RESICO PENARI) dalam kategori Tema Sosial dan Budaya dinyatakan lolos berdasarkan surat BNPB No. B-25/BNPB/SPB/PK.01.01/03/2021.

Berdasarkan surat BNPB tersebut ditindaklanjuti oleh Kementerian Riset dan Teknologi melalui Surat No. B/440/E3/RA.00/2021 tentang surat penugasan pelasanaan penelitian skema kajian strategis untuk tahun anggaran 2021.

Dengan raihan tersebut, Dr. Nurida kembali berkontribusi bagi LPPM UWG dalam menambah perbendaharaan hibah riset penelitian dari Kemenristek tahun anggaran 2021. Dr. Istiadi selaku Dekan FT UWG Malang sangat mengapresiasi atas capain tersebut, karena dalam waktu yang relatif singkat Dr. Nurida dapat menyelesaikan proposalnya dan dapat menuangkan keahliannya sebagai bentuk kontribusi keilmuan dalam memberikan alternatif solusi atas permasalahan percepatan penanganan Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES