Peristiwa Nasional

Pemberangkatan Jemaah Calon Haji Belum Ada Kepastian

Senin, 03 Mei 2021 - 11:12 | 21.92k
ibadah haji di Mekah, Arab Saudi. (foto: arabnews)
ibadah haji di Mekah, Arab Saudi. (foto: arabnews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag RI) meminta jemaah calon haji 2021 mulai menata hati untuk menerima apa pun keputusan pemerintah terkait penyelenggaraan ibadah haji 2021

Lewat keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin (3/5/2021), Wakil Menteri Agama (Wamenag RI) Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan, hingga saat ini, belum ada kepastian dari pemerintah Arab Saudi terkait pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci.

"Para calon jemaah haji harus sudah mulai menata hatinya untuk menerima apa pun keputusan yang nanti diucapkan oleh pemerintah, termasuk keputusan yang paling pahit sekalipun, yaitu misalnya tidak memberangkatkan haji tahun ini," ucap Zainut.

"Sampai sekarang kami belum mendapatkan informasi yang pasti, belum mendapatkan kepastian dari pemerintah Arab Saudi tentang penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021," imbuhnya.

Zainut menjelaskan, persoalan keberangkatan calon jemaah haji ini tidak hanya dihadapi pemerintah Indonesia, tapi juga di seluruh dunia. Hingga saat ini, menurut Zainut, belum ada satu negara pun yang sudah mendapat kepastian bisa memberangkatkan jemaah hajinya.

Lantas, adakah secercah harapan calon jemaah haji 2021 bisa berangkat ke Tanah Suci? Zainut memberikan ilustrasi. Menurutnya, biasanya di bulan Ramadhan seperti saat ini seluruh persiapan haji sudah selesai. Kuota yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi sudah fix, kemudian Kemenag dan DPR sudah menetapkan biaya perjalanan ibadah haji atau BPIH, lalu persiapan Kemenag, baik di dalam negeri maupun di Arab Saudi, sudah selesai semuanya.

"Nah, sekarang ini belum ada sama sekali. Coba bayangkan.... Taruhlah misalnya tiba-tiba boleh, misalnya. Dalam waktu yang sangat sempit ini, nggak mungkin kami bisa mempersiapkan segala sesuatunya sesempurna itu," ucap Zainut.

Zainut menjelaskan lebih jauh, menurutnya, Kemenag sudah ikhtiar semaksimal mungkin, baik dalam persiapan di dalam maupun di Arab Saudi, dari akomodasi, konsumsi, dan sebagainya. Namun hingga kini belum ada kepastian dari pemerintah Arab Saudi.

"Sampai sekarang kami belum mendapat kepastian dari pemerintah Arab Saudi sehingga kami belum bisa memberikan informasi kepada calon jemaah haji untuk apakah bisa diberangkatkan atau tidak," ujarnya.

Zainut menambahkan, Kemenag RI hingga saat ini masih menunggu kepastian dari pemerintah kerajaaan Arab saudi terkait penyelenggaraan ibadah haji 2021. Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, menurutnya, terus berkomunikasi dengan para pihak otoritas Arab Saudi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES