Pendidikan TIMES Ramadan

Keutamaan Malam Lailatul Qodar di Bulan Suci Ramadan

Senin, 03 Mei 2021 - 09:41 | 27.37k
Ilustrasi malam Lailatul Qodar. (foto: instagram)
Ilustrasi malam Lailatul Qodar. (foto: instagram)
FOKUS

TIMES Ramadan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Malam Lailatul Qodar merupakan malam spesial di bulan suci Ramadan. Malam Lailatul Qodar mempunyai keutaman atau kebaikan daripada seribu bulan. Hal ini sudah tercantum dalam surat Al-Qadr ayat tiga.

Tidak ada yang tahu kapan malam Lailatul Qodar akan datang, namun Tuhan telah memberikan petunjuk, malam spesial ini akan datang ditanggal ganjil pada 10 hari terakhir bulan suci Ramadan.

Malam Lailatul Qodar tidak diberitahu secara spesifik kapan datangnya, namun Allah memberikan beberapa petunjuk dan menjelaskan ciri-cirinya. Yakni malam yang indah, hawanya tidak panas tidak dingin, matahari terbit dengan cahaya kemerahan dan tidak terik.

Di malam yang lebih baik dari seribu bulan ini, malaikat akan turun ke bumi serta dibukanya dengan lebar bagi seluruh umat muslim. Di malam-malam tersebut, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak bacaan doa malam Lailatul Qadar dan amal salih untuk meraih keutamaannya. Selain doa malam Lailatul Qadar, perbanyak pula zikir sebagai pelengkapnya.

Berikut beberapa keutamaan malam Lailatul Qodar:

Malam keberkahan

Dalam surat Al-Qodr disebutkan dalam ayat empat jika diturunkannya malaikat ke bumi dan diampuninya segala dosa-dosa. Ini menjadikan malam Lailatul Qodar sebagai malam yang penuh berkah dibanding malam lainnya. Selain itu malam Lailatul Qodar mendapat julukan sebagai malam seribu bulan atas berkah yang didapat umat muslim dalam mendapat RidhonAllah SWT. 

Malam penuh ampunan

Disebutkan juka pada malam kemuliaan Lailatul Qodar merupakan malam akan diampuninya segala dosa-dosa yang telah lalu. Maka merupakan momen yang sangat tepat untuk melakukan amalan-amalan seperti Iktikaf, bertaubat, dan juga menjalankan sholat malam. 

Penuh dengan kesejahteraan

Malam Lalilatul Qodar akan membawa kesejahteraan lahir batin bagi umatnya beserta kedamaian, dan masih banyak keberkahan lainnya. Dan di malam tersebut akan diisi oleh sejumlah kebaikan sampai terbit fajar seperti yang sudah dijelaskan dalam surat Al-Qadr sendiri. 

Itulah keutamaan yang bisa kita dapat di malam Lailatul Qodar yang merupakan malam kemuliaan yang hadir di sepertiga bulan suci ramadan. Sungguh orang yang beruntung jika dapat memiliki atau tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES