Kopi TIMES

Membumikan Informasi untuk Kesejahteraan dan Keadilan

Senin, 03 Mei 2021 - 05:48 | 18.30k
Membumikan Informasi untuk Kesejahteraan dan Keadilan
Suaeb Qury, Ketua PW GP Ansor NTB 2010-2014
Editor: Yatimul Ainun

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pada 30 April 2021 ini, Peringatan Hari Keterbukaan Informasi berlangsung. Memperingatinya adalah amanat Undang-undang No 14 tahun 2008 yang secara resmi dalam lembaran negara ditetapkan dan disahkan sebagai Undang-undang oleh DPR RI pada tanggal 30 April 2010. Sejak ditetapkan undang-undang keterbukaan informasi publik jawaban atas penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel mulai digaungkan.

Kehadirannya juga menjadi bagian dari fungsi kontrol dan partisipasi masyarakat dalam  mengawal dan memperoleh akses informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan. Sudah berusia sebelas tahun dari sekarang UU No. 14 tahun 2008.  Dalam praktek dan implementasinya, telah memberikan kontribusi yang berimbang  dan menjadi peta jalan bagi penyelenggaraan pemerintah yang efektif dan efesien serta akuntabel.

Dimana peran masyarakat sebagai penerima informasi dan fungsi Negera menyampaikan informasi, telah berjalan dan walaupun ada juga, badan publik yang masih mengenyampingkan akan pentingnya sebuah informasi yang disampaikan kepada publik atau masyarakat.

Memastikan mandat undang-undang keterbukaan informasi, bagi penyelenggara negara,badan publik dan organisasi kemasyarakatan serta partai politik sebagaimana yang termaktub dalam pasal 7 ayat 1 sampai 8 yakni kewajiban badan publik "badan publik wajib menyampaikan,memberikan dan/atau menerbitkan informasi publik yang berada dibawah kewenangannya kepada pemohon informasi publik, selain informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan", badan publik wajib menyediakan informasi yang akurat,benar, dan tidak menyesatkan.

Pada aspek kewajiban dan fungsi dari badan publik dalam menyampaikan informasi, juga ada fungsi yang mengharuskan komisi informasi untuk menjadi jembatan yang baik dalam penyelesaian sengketa informasi melalui media dan ajudikasi.  Bebera hal yang menjadi tugas dan fungsi komisi informasi adalah memastikan badan publik atau penyelenggara negara menunaikan kewajibannya secara seferhana, mudah dan cepat serta berbiaya murah yakni menyediakan,memberikan informasi kepada pemohon informasi.

Dalam prakteknya,masih saja terjadi ditengah berjalan penyelenggaraan pemerintah yang sejatinya sudah pada fese keterbukaan, belum sepenuhnya bisa menjalankan kewajiban. Namun, dibalik semua itu, kewajiban kadang diabaikan dan dengan alasan informasi yang dikecualikan. Pada hal dalam pasal 9,10 dan 11, sudah sangat jelas. Bahwa informasi yang harus disampaikan atau diinformasikan secara berkala, setiap saat dan sertamerta adalah kewajiban bagi badan publik.

Dalam praktek kenegaraan, keterbukaan Informasi adalah persyaratan utama dalam menunjang keberlangsungan penyelenggaraan Negera yang transparan dan akuntabel, maka diwajibkan badan publik memaksimalkan fungsi kelembagaan negara yang memiliki standar dan prosedur informasi yang prima dan akurat. Sebab di era keterbukaan informasi dan transformasi digital, semua warga bangsa bisa dengan mudah mengakses dan mengontrol penyelenggaraan negara yang tidak menyesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi.

Sejalan dengan pesan dan amanat Presiden Republik Indonesia yang menekankan "bahwa sudah saatnya masyarakat dan pemerintah menyesuaikan dan mengikuti arus tranformasi digital untuk mempermudah akses informasi bagi masyarakat ". Dan implementasi pesan moral presiden Jokowidodo dalam acara hari penyiaran, menjadi bagaian yang secara eksplisit menegaskan pentingnya menjadi masyarakat dan warga bangsa yang informasi.

Kemajuan teknologi yang menyertai dan menandai adanya kesungguhan bagi penyelanggara negara untuk berpihak pada orentasi kesejahteraan dan keadilan adalah amanat undang-undang dasar 1945. Untuk itu, penyampaian informasi yang memberikan optimisme dan kemajuan bagi sebuah bangsa, harus disertai dengan komitmen dan keberpihakan program pembangunan yang berpihak pada kepentingan rakyat.

Apa yang selama ini disajikan oleh badan publik eksekutif,legislatif dan yudikatif serta badan publik lainnya. Dalam menyampaikan informasi terkait dengan kebijakan,program dan keputusan politik yang berdampak pada kepentingan rakyat adalah wujud dari keseriusan dalam pengelolaan sistem bernegara yang berujung pada upaya pencegahan korupsi dan penyalahgunaan jabatan dan wewenang.

Dan keseriusan untuk mengawal dan mengharuskan penyelenggara negara untuk menyajikan informasi adalah tugas utama dari komisi informasi, sebagaimana yang termaktub dalam undangan-undang nomor 14 2008, pasal 3 ayat 1 dan 4  yakni " menjamin warga negara untuk mengetahui rencana pembuat kebijakan publik,program kebijakan publik, dan proses pengambilan  keputusan publik, serta alasn pengambilan keputusan publik,mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, yaitu yang transparan,efektif dan efesien akuntabel serta dapat dipertanggung jawabkan".

Ke depan, jika implementasi undang-undang 14 2008 sudah menjadi perisai bagi penyelenggara negara, maka akan menjadi kontrol secara internal dan eksternal yang efektif dan efesien. Momentum dan refleksi dihari keterbukaan informasi ini juga, menjadi titik sentrum untuk memastikan bahwa negara dan masyarakat, menjadikan Informasi sebagai ilmu pengetahuan yang berbasis digital dan bersumber pada kepentingan untuk kesejahteraan dan keadilan.

Mengapa penting, idigium kesejahteraan dan keadilan dalam sebuah keterbukaan informasi, sebab dua kata "sejahterah dan adil" ini akan menjadi panglima dan panggilan kenegarawanan bagi anak bangsa untuk bersungguh-sungguh menjalankan amanat undang-undang dasar 1945. Di saat ini dan kedepannya,  tugas penyelenggara negara adalah memastikan bahwa sudah tidak ada lagi masyarakat buta informasi dan tidak bisa memperoleh akses informasi, baik di desa terpincil maupun di ibu kota yang sudah maju.

Sebab kenyataan yang masih terjadi dalam praktek penyelenggaraan pemerintahan, baik di tingkat yang paling bawah yakni desa dan sampai ditingkat paling atas yakni propinsi serta pusat. Ternyata masih saja ada, badan publik dalam mengimplementasikan  amanat undang-undang keterbukaan informasi publik belum maksimal menjalankan kewajibannya untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Sudah saatnya, melalui peringatan hari keterbukaan informasi kita mulai membuka kran informasi seluasnya untuk kesejahteraan dan keadilan. Itu sebabnya memperingati hari keterbukaan informasi adalah sama wajibnya dengan memperingati hari-hari yang bersejarah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di negeri yang tercinta ini. Wallahua'lam bissawab.

*) Penulis, Suaeb Qury, Ketua PW GP Ansor NTB 2010-2014

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

____________
**) Kopi TIMES atau rubik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

**) Redaksi berhak tidak menanyangkan opini yang dikirim.



Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

EKORAN

TERBARU

  • Kakorlantas Polri: Penyekatan Jalur Mudik Hari Pertama Aman dan Lancar
    Kakorlantas Polri: Penyekatan Jalur Mudik Hari Pertama Aman dan Lancar
    07/05/2021 - 06:49
  • Lengkapi Hari Kemenangan, Ini Lima Rekomendasi Kue Lebaran
    Lengkapi Hari Kemenangan, Ini Lima Rekomendasi Kue Lebaran
    07/05/2021 - 06:16
  • Lebaran Menyantap Lemi Dheso, Awas 'Kesupit' Nikmatnya Kuliner Lamongan Ini
    Lebaran Menyantap Lemi Dheso, Awas 'Kesupit' Nikmatnya Kuliner Lamongan Ini
    07/05/2021 - 05:22
  • SMK Abdi Negara Tawarkan Banyak Pilihan Prodi, Miliki Satu-satunya Kompetensi Keahlian di Tuban
    SMK Abdi Negara Tawarkan Banyak Pilihan Prodi, Miliki Satu-satunya Kompetensi Keahlian di Tuban
    07/05/2021 - 04:52
  • PPDB SMK YPI Darussalam 2 Cerme Gresik, SPP Gratis hingga Sekolah Langsung Kerja
    PPDB SMK YPI Darussalam 2 Cerme Gresik, SPP Gratis hingga Sekolah Langsung Kerja
    07/05/2021 - 04:04

TIMES TV

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

01/04/2021 - 15:58

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi
Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo

Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo
Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan

Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan
The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Ngopi Pagi: Berbuat Baik
    Ngopi Pagi: Berbuat Baik
    06/05/2021 - 07:08
  • Urgensi Pendidikan Mitigasi Bencana bagi Pelajar
    Urgensi Pendidikan Mitigasi Bencana bagi Pelajar
    05/05/2021 - 15:34
  • Rezim Gendroyono
    Rezim Gendroyono
    05/05/2021 - 13:25
  • Jadi, Joseph Paul Zhang Itu Sebenarnya Beragama atau Tidak, sih?
    Jadi, Joseph Paul Zhang Itu Sebenarnya Beragama atau Tidak, sih?
    05/05/2021 - 12:54
  • Ngopi Pagi: Hati Kecil
    Ngopi Pagi: Hati Kecil
    05/05/2021 - 09:59
  • Kelirumologi Tarawih Akhir Ramadan
    Kelirumologi Tarawih Akhir Ramadan
    05/05/2021 - 09:10
  • Membangun Ketahanan Keluarga Prajurit Sebagai Benteng Ketahanan Nasional
    Membangun Ketahanan Keluarga Prajurit Sebagai Benteng Ketahanan Nasional
    04/05/2021 - 19:00
  • 10 Terakhir Ramadhan, Antara Indonesia dan Saudi Arabia
    10 Terakhir Ramadhan, Antara Indonesia dan Saudi Arabia
    04/05/2021 - 16:31

KULINER

  • Lengkapi Hari Kemenangan, Ini Lima Rekomendasi Kue Lebaran
    Lengkapi Hari Kemenangan, Ini Lima Rekomendasi Kue Lebaran
    07/05/2021 - 06:16
  • Lebaran Menyantap Lemi Dheso, Awas 'Kesupit' Nikmatnya Kuliner Lamongan Ini
    Lebaran Menyantap Lemi Dheso, Awas 'Kesupit' Nikmatnya Kuliner Lamongan Ini
    07/05/2021 - 05:22
  • Gulo Cao Bathok dan Gulo Cendol Aren, Si Manis Legit dari Lamongan
    Gulo Cao Bathok dan Gulo Cendol Aren, Si Manis Legit dari Lamongan
    06/05/2021 - 12:51
  • Menjelang Lebaran, Produsen Kue Kering di Tasikmalaya Panen Orderan
    Menjelang Lebaran, Produsen Kue Kering di Tasikmalaya Panen Orderan
    06/05/2021 - 10:00
  • Ngopi Asik Bernuansa Klasik di Kafe Terminal Songgon Banyuwangi
    Ngopi Asik Bernuansa Klasik di Kafe Terminal Songgon Banyuwangi
    06/05/2021 - 01:29