Indonesia Positif

Magister Psikologi Profesi UMBY Lahirkan 39 Psikolog Baru Abdi Masyarakat

Minggu, 02 Mei 2021 - 05:37 | 111.06k
Suasana pelantikan sumpah Profesi Psikolog Angkatan ke-XVIII UMBY (FOTO: Humas UMBY for TIMES Indonesia)
Suasana pelantikan sumpah Profesi Psikolog Angkatan ke-XVIII UMBY (FOTO: Humas UMBY for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Magister Psikologi Profesi, Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kembali menyelenggarakan pelantikan sumpah Profesi Psikolog Angkatan ke-XVIII, Kamis (29/4/2021). Acara tersebut diselenggarakan secara virtual. Pada pelantikan kali ini diikuti oleh 39 orang calon Psikolog. Para psikolog muda ini telah selesai mengikuti berbagai tahapan pendidikan profesi. 

Para calon psikolog baru yang dilantik terdiri 23 orang dari peminatan psikologi klinis. Antara lain, 5 orang dari peminatan psikologi pendidikan, dan dari peminatan psikologi industri dan organisasi 13 orang.

Rektor UMBY, Dr Alimatus Sahrah M.Si MM menyampaikan ucapan selamat atas diraihnya gelar magister dan psikolog. Kepada para lulusan, ia berpesan agar selalu mengabdikan diri kepada masyarakat dengan sepenuh hati dan menjaga nama baik almamater.

Ketua Umum HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia) Prof Dr Seger Handoyo juga menyampaikan selamat kepada para psikolog baru. Ia berpesan para psikolog agar selalu mengembangkan diri dalam menghadapi persoalan-persoalan di masyarakat yang semakin kompleks.

"Terkait tugas dan tanggung jawab psikolog untuk selalu menjaga kode etik profesi," kata Seger.

Perwakilan Psikolog baru, Rozan Ismatul Maula M.Psi., Psikolog  menyampaikan ucapan terima kasih kepada dosen dan staf UMBY yang telah memberikan pelajaran dan pengalaman selama proses pendidikan di magister psikologi profesi. Selain dari mahasiswa, sambutan juga disampaikan oleh perwakilan orang tua dan wali yang disampaikan oleh Widarto SE MM.

Pada acara pengambilan sumpah profesi ini dihadiri oleh Ketua Umum HIMPSI,  Rektor UMBY, Dekan beserta jajaran pimpinan, dosen, staf tenaga kependidikan Fakultas Psikologi UMBY, serta perwakilan orang tua.

Adapun prosesi pengambilan sumpah profesi dipimpin langsung oleh Ketua Umum HIMPSI, dan kemudian dikukuhkan oleh rohaniawan lintas agama. Pengukuhan dari rohaniawan Islam dilakukan oleh H Agus Achmad Machali, rohaniawan Kristen oleh Pdt Kriswoyo M.Si.

Berikutnya rohaniawan Katolik oleh Hieronymus Rony Suryo, dan rohaniawan Hindu oleh Drs I Nyoman Warta M.Hum. Selain itu, prosesi dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara sumpah psikolog oleh keempat rohaniawan yang kemudian ditunjukkan kepada seluruh peserta secara virtual.

Ketua Program Studi Magister Psikologi Profesi UMBY, Dr Sri Muliati Abdullah M.A., Psikolog menyerahkan Sertifikat Sebutan Psikolog (SSP) dan Surat Izin Praktik Psikologi (SIPP) serta secara simbolis melakukan pengalungan selempang gelar psikolog kepada para psikolog baru yang diwakili oleh Nindyo Prasetyo dan Rozan Ismatul Maula. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Amar Riyadi
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES