Indonesia Positif

Prodi PWK ITNY Ikut Siapkan Database RDTR Kementerian ATR/BPN RI

Minggu, 02 Mei 2021 - 02:46 | 45.39k
Perwakilan Prodi PWK ITNY mengikuti rapat koordinasi (rakor) dengan Kementerian ATR/BPN RI di Hotel Gumaya Kota Semarang pada akhir April lalu. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Perwakilan Prodi PWK ITNY mengikuti rapat koordinasi (rakor) dengan Kementerian ATR/BPN RI di Hotel Gumaya Kota Semarang pada akhir April lalu. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) ikut berpartisipasi dalam Program Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kali ini, para mahasiswa yang diikutkan dalam program magang ini adalah para mahasiswa dari Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (Prodi PWK) ITNY. Mereka akan mengikuti program magang di Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia (Kementerian ATR/BPN RI) dalam Rangka Penyiapan Database Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

Sebelum para mahasiswa terjun ke lapangan, ITNY mengikuti rapat koordinasi (rakor) dengan Kementerian ATR/BPN RI di Hotel Gumaya Kota Semarang pada akhir April lalu. Rakor diikuti 18 perguruan tinggi yang memunyai Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota yaitu anggota Asosisasi Sekolah Perencanaan Indonesia (ASPI) dan OPD pengampu tata ruang di daerah dari 10 provinsi yang terdiri atas 92 kabupaten/kota.

ITNY yogya

“Direktorat Jenderal Tata Ruang (DJTR) mendukung penuh pelaksanaan kegiatan magang ini. Kami akan menyediakan tempat bagi mahasiswa dan mahasiswi yang mengikuti kegiatan magang pada program MBKM,” kata Direktur Jenderal Tata Ruang Kementerian ATR/BPN RI, Dr Ir Abdul Kamarzuki MPM saat membuka rakor.

Dosen PWK ITNY, Iwan Aminto Ardi ST MSc mengaku beruntung sekali bisa bergabung dalam rapat koordinasi ini. Menurutnya, salah satu wujud pembelajaran MBKM di Prodi PWK ITNY pada semester depan adalah para mahasiswa akan melakukan magang tau praktik kerja di lingkungan Kementerian ATR/BPN khususnya dalam rangka penyiapan database RDTR.

“Kami siap berkontribusi untuk kegiatan ini, instrumen untuk mendukung kegiatan MBKM telah tersusun. Saat ini telah diimplementasikan khususnya untuk kegiatan magang dan membangun desa,” kata Iwan.

ITNY yogyakarta

Rakor dilaksanakan dengan tujuan untuk menyamakan persepsi awal dalam menindaklanjuti kegiatan magang di Direktorat Jenderal Tata Ruang (DJTR). Selain itu, rakor untuk mengetahui formasi kebutuhan nyata personil yang dibutuhkan oleh masing-masing Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dalam penyusunan RDTR. Selanjutnya akan dilaksanakan koordinasi intensif antara perguruan tinggi dan OPD pengampu tata ruang daerah untuk membahas lebih rinci mengenai teknis kegiatan magang.

“Sebagai perguruan tinggi yang memiliki Prodi PWK, ITNY akan ikut menyiapkan database RDTR pada Kementerian ATR/BPN RI,” jelas Iwa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Amar Riyadi
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES