Kopi TIMES

Ngopi Pagi: Subuh

Minggu, 02 Mei 2021 - 05:00 | 53.58k
Noor Shodiq Askandar.
Noor Shodiq Askandar.

TIMESINDONESIA, MALANG – Sahabat ngopi pagi, tulisan pagi ini terinspirasi dari ucapan HAMKA, seorang tokoh dan ilmuwan Islam Indonesia yang sangat dikagumi di zamannya. Beliau menyampaikan bahwa “jika kamu ingin melihat orang Islam, maka lihatlah saat lebaran. Akan tetapi jika kamu ingin tahu orang yang beriman, maka lihatlah orang yang datang ke masjid di waktu subuh. Pernyataan ini menarik, karena memang biasanya di waktu subuh tersebut, jumlah orang yang ke masjid lebih sedikit dari biasanya.

Subuh adalah waktu dimana tidur akan terasa jauh lebih nikmat. Udara yang segar dan anginnya yang sepoi sepoi dingin merasuk tulang, membuat tidak tubuh ini sulit diajak bergerak dan bangkit dari tempat tidur. Butuh tekad dan kekuatan tersendiri untuk bangun dan kemudian bersiap untuk memulai aktivitas pagi dengan sholat.

Rasulullah saw mengkhususkan sholat subuh dengan keistimewaan dan sifat sifat tertentu yang tidak terulang pada sholat lainnya. Bahkan secara khusus didoakan oleh Rasulullah saw, sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, Abu Daud, Ahmad dan Ibnu Majah “Ya Allah, berkahilah ummatku selama mereka senang bangun subuh”. Dalam hadits lain, Rasulullah saw bersabda “Siapa yang menunaikan sholat subuh, maka ia berada dalam jaminan Allah swt. Maka kamu jangan mencari jaminan Allah swt dengan sesuatu (selain dari sholat). Hal itu justru akan dapat membuat kamu tergelincir ke dalam api neraka (HR Muslim).

Sebagai penyemangat agar ummat Islam segera bangun untuk kemudian sholat subuh, Rasulullah saw sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Turmudzi “Dari Aisyah r.a telah bersabda Rasulullah saw : dua rakaat sholat sebelum fajar, pahalanya lebih indah dari pada dunia dan isinya”. Keutamaan ini tentu dimaksudkan agar ummat Islam segera bangun di pagi hari dan memulai aktivitasnya dengan hal yang dapat mencegah dari kerusakan dan kemungkaran, yaitu melakukan sholat.

Maka sungguh merugi orang yang mengabaikan sholat subuh dan sholat sunnah sebelumnya, karena kebaikan dan keutamaannya yang besar dan sulit didapat dalam kegiatan lainnya. Konsistensi sholat subuh juga membuat orang lebih disiplin dalam memulai kehidupan ini dengan aktivitas yang baik dan mampu meningkatkan keimanan seseorang kepada dzat yang menciptakan. Bagaimana dengan sahabat ngopi pagi semua ???

***

*) Penulis Noor Shodiq Askandar adalah Ketua PW LP Maarif NU Jatim dan Wakil Rektor 2 Unisma.

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

____________
**) Kopi TIMES atau rubik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES