Entertainment

Hardiknas 2021, Mr D Pamerkan Potret Pendidikan di Era Pandemi dalam Sketsa Bergerak

Minggu, 02 Mei 2021 - 11:52 | 70.95k
Ilustrasi sketsa bergerak karya Mr D dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021. (Foto: Mr D/TIMES Indonesia)
Ilustrasi sketsa bergerak karya Mr D dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021. (Foto: Mr D/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Seniman kawakan dengan ciri khas sketsa bergerak, Doddy Hernanto atau yang akrab dipanggil Mr D, menampilkan ratusan karyanya secara virtual dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional 2021 (Hardiknas 2021) yang jatuh setiap 2 Mei.

Dalam Virtual Art Exhibition kali ini, Minggu (2/5/2021) Mr D mengangkat tema besar Google dengan judul Mati Hidup. Galeri sketsa dipamerkan secara virtual di laman sketsabergerak

"Pendidikan sekarang kan anak-anak (pelajar) apa-apa bergantung ke Google. Ya itu kehidupan dan pendidikan masa kini. Nah, di situ saya gambarkan ada semua ilustrasi aktivitas di Google," kata Mr D kepada TIMES Indonesia, Minggu (2/5/2021).

Lukisan-Mr-D-2.jpg

Kendati demikian, belajar secara daring tidak selama akan terus berlangsung. Menurut seniman asal Surabaya ini, pembelajaran daring tersebut tidak bisa menghadirkan rasa.

Istilah rasa di sini, lanjut Mr D, merupakan satu unsur yang harusnya dihadirkan di dalam pendidikan Indonesia. Seperti halnya musik dan lukisan, mereka harus punya rasa.

"Yang tidak bisa digantikan adalah rasa. Soal rasa ini bisa mencapai puncaknya jika sekolah bertemu dengan teman-temannya, ada interaksi guru dan murid, mengenal lingkungan belajar, dan macam-macam," jelasnya.

Mr D dikenal sebagai seniman sekaligus musisi yang memadukan sketsa dengan kecanggihan teknologi sehingga bisa bergerak dan diiringi alunan musik. Dia juga mampu menggabungkan karya intangible (tak berwujud) dan tangible (berwujud)

Penting diketahui, hari ini merupakan hari lahir Jim Supangkat, seorang seniman dan kurator senior asal Indonesia. Dia lahir 2 Mei 1948. Mr D mengundang khusus Jim Supangkat dan juga menampilkan lukisan tentangnya.

Lukisan-Mr-D-3.jpg

"Jim Supangkat ini suhunya seni rupa yang berkebangsaan Indonesia. Pengalaman dan karyanya sudah mendunia," kata Mr D.

Peringatan Hardiknas 2021 mengusung tema “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”. Dalam pemerannya, Mr D mempunyai 343 karya yang sudah dilukis dan siap dipamerkan virtual. Namun terkait jumlah pastinya, Mr D enggan menyebut.

"Nanti fleksibel lah ya. Berdasarkan mood untuk upload," singkatnya.

Sedangkan, pameran sketsa bergerak karya Mr D dalam rangka memperingati Hardiknas 2021 ini tidak terbatas waktu dan tempat. "Lebih tepatnya timeless, tidak lekang oleh waktu dan tidak dibatasi tempat gedung," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES