Peristiwa Nasional

Sejarah Hari Ini: 2 Mei, Hari Pendidikan Nasional Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar

Minggu, 02 Mei 2021 - 08:47 | 88.96k
Logo Hari Pendidikan Nasional 2021
Logo Hari Pendidikan Nasional 2021

TIMESINDONESIA, JAKARTASejarah hari ini akan mengulas peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap 2 Mei. Hari nasional ini ditetapkan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959. Tema tahun ini adalah “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”.

Penetapan tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendididikan Nasional merujuk pada tanggal lahir tokoh pendidikan Indonesia, Ki Hadjar Dewantara yang berhasil dan mengawali pendidikan bagi pribumi nasional di Indonesia. Ki Hadjar Dewantara yang lahir pada 2 Mei 1889 di Yogyakarta berhasil mendirikan Perguruan Taman Siswa (Juli 1932) yang menjadi tempat bagi penduduk pribumi untuk dapat menikmati pendidikan. Saat itu, pendidikan hanya untuk warga Belanda dan para bangsawan.

Ki Hadjar Dewantara juga terkenal dengan tulisannya yang mengkritik Belanda. Ini membuat Belanda marah. Tulisannya yang terkenal adalah Als Ik Eens Nederlander Was yang berarti Seandainya Saya Orang Belanda. Ki Hadjar Dewantara pun akhirnya diasingkan ke Pulau Bangka oleh pihak Belanda. Ki Hadjar Dewantara wafat pada tanggal 26 April 1959.

Ki-Hadjar-Dewantara.jpgKi Hajar Dewantara. (FOTO: wikimedia.org)

Ki Hadjar Dewantara juga terkenal buah pemikiran yang berbunyi Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani, yang artinya artinya: Di depan memberi teladan, Di tengah membangun kemauan, Di belakang memberi dorongan dan pengaruh. Semboyan Tut Wuri Handayani, menjadi semboyan resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Untuk tahun ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Logo Hardiknas 2021. Logo ini terbentuk dari tiga elemen, yaitu bintang, keceriaan, dan pena.

Logo ini juga selaras dengan cita-cita Ki Hadjar Dewantara.

1. Bintang,

– Bintang menggambarkan semangat Hardiknas untuk melahirkan generasi Indonesia yang unggul, cerdas, dan berkarakter. Dengan garis luwes menggambarkan semangat adaptif dan tangguh menghadapi perubahan zaman yang kian dinamis.

2. Keceriaan

– Keceriaan yang ada pada logo Hari Pendidikan Nasional ini menggambarkan suatu suasana pendidikan Indonesia yang sangat menggembirakan, gotong royong, serta partisipasi publik dalam memperingati Hardiknas 2021 ini.

3. Pena

– Pena menggambarkan proses pendidikan sebagai proses penciptaan karya yang memerlukan perpaduan holistik antara kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual.

Selamat Hari Pendidikan Nasional, maju terus pendidikan Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES