Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Video Tol Jakarta Sudah Ditutup

Minggu, 02 Mei 2021 - 07:16 | 158.73k
Video yang diduga jalan tol di Jakarta sudah ditutup, beredar melalui Whastapp Group.
Video yang diduga jalan tol di Jakarta sudah ditutup, beredar melalui Whastapp Group.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Video yang diduga jalan tol di Jakarta sudah ditutup, beredar melalui Whastapp Group. Video yang tersebar secara berantai tersebut menyebutkan bahwa jalan tol arah Jakarta ke Semarang sudah ditutup. 

Dalam video yang direkam oleh seorang pria itu menunjukkan kondisi gerbang tol yang ditutup, dan tampak antrean kendaraan. Pria yang merekam video itu mengatakan bahwa para pengendara yang hendak memasuki tol, diminta putar balik. 

"Tol ditutup, arah Jakarta sudah ditutup, kita putar balik. Semua sudah tutup, tolong diinformasikan ke kawan-kawan di lapangan. Semua putar balik. Arah Jakarta ke Semarang ditutup. Semua tol ditutup," ujar pria dalam video tersebut.

Di samping video tersebut, ada klaim informasi yang menyertainya dengan narasi sebagai berikut: 

Tol Jakarta sudah ditutup

cek-fakta-tol-jakarta-sudah-ditutup-3.jpgSumber: Tangkapan layar WhatsApp

CEK FAKTA

Hasil penelusuran TIMES Indonesia, informasi penutupan tol Jakarta merupakan informasi yang salah. Informasi yang tersebar melalui WhatsApp tersebut bukan fakta yang sebenarnya. 

Menurut penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia melalui mesin pencari,  ditemukan bahwa video yang beredar tersebut menunjukkan lokasi di gerbang tol Pejagan, ruas jalan tol Kanci--Pejagan.

Selanjutnya, tim Cek Fakta mengkonfirmasi terkait video yang beredar tersebut. Pihak manajemen PT Semesta Marga Raya sebagai pengelola Ruas Tol Kanci Pejagan, menyampaikan bahwa informasi tersebut tidak benar.

Manajemen PT Semesta Marga Raya memberikan keterangan bahwa sehubungan banyak beredar di masyarakat terkait pelaksanaan video penyekatan arus lalu lintas pemudik lebaran 2021 di Gerbang Tol Pejagan Ruas Jalan Tol Kanci-Pejagan, kondisi arus lalu lintas masih normal tanpa penyekatan.

"Kami selaku Manajemen Operasi Ruas Tol Kanci Pejagan mengklarifikasi bahwa kondisi update saat ini sampai dengan klarifikasi ini direlease, di Gerbang Tol Pejagan," demikian keterangan dari Semesta Marga Raya saat dikonfirmasi TIMES Indonesia, Sabtu (1/5/2021).

Manajemen juga menyampaikan bahwa untuk rencana kegiatan penyekatan di Gerbang Tol Pejagan sendiri sesuai dengan hasil pertemuan dengan Dirlantas dan Lintas Sektoral Jawa Tengah, baru akan dilakukan pada tanggal 6 Mei 2021 sampai dengan 17 Mei 2021. 

Lalu, dijelaskan pula bahwa video yang beredar di masyarakat perihal adanya penyekatan di Gerbang Tol Pejagan sudah dimulai, itu adalah video penyekatan lebaran Idul Fitri tahun 2020.

"Untuk meminimalisir informasi-informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan dan untuk mengetahui kondisi terkini di Gerbang Tol Pejagan, silahkan menghubungi Call Center ruas Tol Kanci Pejagan di nomor 0231 8638809 atau di nomor Whatts App 0811-1111-1535," keterangan tertulis manajemen Semesta Marga Raya kepada tim Cek Fakta TIMES Indonesia.

Berita terkait video penutupan tol Pejagan juga dikabarkan oleh suara.com. Pihak manajemen operasi ruas Tol Kanci Pejagan memberikan klarifikasinya bahwa video tersebut adalah hoaks.

cek fakta tol jakarta sudah ditutup 2Sumber: Beredar Video Penyekatan Mudik Lebaran 2021 di Gerbang Tol Pejagan, Hoax! | Suara

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, video dan narasi jalan tol di Jakarta ditutup, merupakan informasi yang salah. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tentang jalan tol ke Jakarta dalam kategori False context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES