Peristiwa Daerah

Dua Pekerja Migran Indonesia Tiba di Bondowoso, Dikarantina Sebelum Dipulangkan ke Rumah

Sabtu, 01 Mei 2021 - 16:26 | 39.17k
Ilustrasi pemeriksaan di RSUD dr Koesnadi (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Ilustrasi pemeriksaan di RSUD dr Koesnadi (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Dua Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bekerja di Malaysia, sudah tiba di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, sekitar pukul 17.00 WIB, Jumat (30/4/2021) kemarin.

Dua imigran tersebut tiba di Surabaya pada Kamis (29/4/2021) kemarin. Namun keduanya diskrining selama dua hari di Asrama Haji Surabaya. Hal itu untuk memastikan, bahwa mereka tak membawa Covid-19.

Dua warga tersebut diketahui berasal dari Kecamatan Sumberwringin dan Curahdami. Kini keduanya dikarantina di gedung eks Akper Bondowoso sebelum dipulangkan ke rumah masing-masing.

Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso sekaligus Jubir Satgas Covid-19, Mohammad Imron mengatakan, hasil skrining atau tes swab dua PMI itu dinyatakan negatif corona. 

"Setelah 2 hari dikarantina di Surabaya, mereka dijemput oleh tim gabungan. Hasil tes swab PCR kedua PMI negatif Covid-19," terangnya, Sabtu (1/5/2021).

Menurutnya, sesuai standar operasional prosedur (SOP), mereka tidak langsung dipulangkan ke rumah masing-masing. Mereka dikarantina di Gedung eks Akper Bondowoso selama 3 hari. Mereka juga harus menjalani tes swab ke-2. "Hal itu untuk memastikan mereka terbebas dari Covid-19,"  imbuhnya.

Apabila positif maka keduanya akan dirawat dan diisolasi di RSU dr Koesnadi. Jika negatif, akan dipulangkan atau keluarga diijinkan menjemput di tempat karantina. "Sampai di rumah mereka harus isolasi mandiri kembali 5 sampai 14 hari," terangnya.

Sementara itu, Kasi Angkutan Orang dan Barang Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Bondowoso, Bayu Aji Prabowo mengatakan, PMI tersebut dijemput dengan dua armada. Satu armada untuk mengangkut 2 PMI dan tenaga kesehatan.Sedangkan pendamping menggunakan kendaraan kendaraan dinas patwal Sabhara Polres Bondowoso.

"Proses penjemputan PMI asal Bondowoso itu, dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Bahkan sudah menjalani skrining di Surabaya," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES