Pendidikan

Akademi Ilmuwan Muda Indonesia Gelar Seminar Dalam Rangka Hardiknas 2021

Sabtu, 01 Mei 2021 - 15:04 | 88.26k
Dr Tuswadi Direktur Politeknik Banjarnegara menjadi Nara sumber Scientist Series pada Minggu pukul 10.00-11.00 Wib 2 Mei 2021. (FOTO : Dr Tuswadi for TIMES Indonesia)
Dr Tuswadi Direktur Politeknik Banjarnegara menjadi Nara sumber Scientist Series pada Minggu pukul 10.00-11.00 Wib 2 Mei 2021. (FOTO : Dr Tuswadi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARAAkademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) sebagai wadah bagi ilmuwan muda terkemuka Indonesia terus berkontribusi dalam pembangunan.

ALMI didirikan untuk mendorong peran ilmuwan muda dalam memajukan ilmu pengetahuan dan budaya ilmiah unggul di Indonesia, dengan tujuan meningkatkan daya saing bangsa.

ALMI didirikan dengan Keputusan Presiden RI No. 9/2016 sebagai organisasi bagi ilmuwan muda Indonesia yang bernaung di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI).

Salah satu kegiatan strategis yang diusung oleh ALMI bagi masyarakat umum adalah ALMI Scientist Series yang dilaksanakan sekali sebulan.

ALMI

Pada Scientist Series via Zoom Meeting, para ilmuwan ALMI tampil sebagai nara sumber yang membahas isu-isu terkini yang sedang tren di tengah masyarakat sehingga mencerahkan publik dengan informasi berbasis ilmu pengetahuan (science) sesuai bidang riset ilmuwan.

Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2021, ALMI Scientist Series 05 akan mengambil tema “Memperkuat Peran Guru dan Orang Tua sebagai Pendidik untuk Anak Bangsa yang Berkualitas”.

Dr Hawis Maduppa, Sekretaris Jendral ALMI mengatakan, tema tersebut diambil didasari latar belakang Kondisi Pendidikan di Indonesia yang saat ini masih memprihatinkan.

Yakni berada di peringkat ke-72 dari 77 negara dalam aspek kemampuan pelajar (Programme for International Student Assessment, 2019), berada di posisi ke-7 di ASEAN untuk indeks edukasi (Human Development Report, 2017), dan berada di posisi ke-10 dari 14 negara berkembang dalam Global Education Monitoring (UNESCO, 2016).

ALMI akan menampilan Dr Tuswadi, satu-satunya anggota ALMI dari kalangan guru asal kabupaten Banjarnegara di Provinsi Jawa Tengah sebagai nara sumber dalam Scientist Series tersebut pada Minggu pukul 10.00-11.00 Wib 2 Mei 2021.

Dia merupakan guru berprestasi sekaligus peneliti pendidikan kebencanaan.  Pihaknya akan mengajak para guru dan orang tua untuk memikirkan tentang bagaimana guru dan orang tua memperkuat kerjasama menjadi garda terdepan sebagai pengajar dan pendidik generasi bangsa sesuai amanah UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kepada TIMES Indonesia, Sabtu  siang (1/5/2021), Dr Tuswadi juga menyampaikan, akan berbagi ilmu dan pengalaman dalam mengajar dan mendidik anak-anak di sekolah dan di rumah sehingga mereka berhasil menjadi insan-insan berprestasi dan berkarakter.

Menurut Dr Tuswadi, peraih Master dan Doktor Pendidikan dari Hiroshima University yang pernah tampil sebagai bintang tamu Hitam Putih Trans-7 ini, setidaknya ada tiga kata kunci bagi guru dan orang tua selaku pendidik untuk membangun sumber daya manusia (baca: anak-anak bangsa) yang berkualitas yaitu ilmu mendidik yang benar, peka dan kepekaan, serta pembiasaan dan keteladanan.

“Kita sebagai manusia tidak cukup memakai naluri dalam mengajar dan mendidik-kita harus berpondasikan ilmu yang benar dalam melakukan tugas pendidikan,” tegas Dr Tuswadi, peraih 5 beasiswa sewaktu berguru di Jepang yang saat ini menjabat Direktur Politeknik Banjarnegara.  

Host di ALMI Scientist Series 05 adalah Dr. Hasnawati Saleh, anggota ALMI yang merupakan Koordinator Riset Program PAIR The Australia-Indonesia Centre.

Untuk bisa mengikuti seminar yang digelar Akademi Ilmuwan Muda Indonesia secara gratis via Zoom, masyarakat khususnya para guru dan orang tua di tanah air bisa mendaftarkan diri melalui tautan http://bit.ly/ALMIScientistSeries05. Sedangkan tayangannya secara Live YouTube melalui: http://bit.ly/ALMIScientistSeries05YouTube. Tersedia e-certificate bagi para peserta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES