Pendidikan TIMES Ramadan

Syiar Ramadan, UIN Maliki Malang Bahas Puasa dan Peningkatan Kesejahteraan Umat

Sabtu, 01 Mei 2021 - 11:06 | 23.92k
Syiar ramadan UIN Maliki Malang di hari kesembilan belas ramadan. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)
Syiar ramadan UIN Maliki Malang di hari kesembilan belas ramadan. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)
FOKUS

TIMES Ramadan

TIMESINDONESIA, MALANG – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) ,membahas topik Puasa dan Peningkatan Kesejahteraan Umat di Syiar Ramadan hari kesembilan belas.

Acara ini menghadirkan narsumber Prof. Dr. H. Wahidmurni, M.Pd., Dr. H. Abdul Bashith, M.Si, Dr. Umrotul Khasanah, M.Si, Dr. H. Ahmad Djalauddin, LC., MA dan Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag sebagai moderatornya.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALIKI MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Puasa adalah proses untuk bertaqwa. Ketika kita bertaqwa, Allah akan memberikan kebahagiaan lahir dan batin," ujar Prof Abdul Haris, Rektor UIN Maliki Malang.

Prof. Dr. H. Wahidmurni menyampaikan, terdapat keterkaitan antara puasa dengan kesejahteraan. Menurut definisi, kesejahteraan merupakan keadaan bahagia, senang, dan aman dari gangguan apapun.

Syiar ramadan hari 19 b

Maka dengan puasa, akan dapat melatih seseorang untuk memiliki kepedulian sosial. Kepeduliaan sosial merupakan sikap dan tindakan sessorang secara ikhlas mau berbagi. Berbagi merupakan aktifitas membantu seseorang yang membutuhkan. 

"Nah kalau seseorang ini terbantu, otomatis dia akan senang, dia akan bahagia artinya dia tidak akan mengalami gangguan lagi," jelasnya.

Wahidmurni juga menyampaikan, apabila dikaitkan dalam masalah pendidikan. Pendidikan di Indonesia dapat menjadikan puasa sebagai momen untuk membentuk karakter peduli sosial bagi siswa.

Untuk mencapai seperti itu, maka kegiatan puasa jangan berhenti di bulan ramadan saja tetapi menjadi pembiasaan di sekolah atau perguruan tinggi. Salah satu pembiasaan di UIN Maliki Malang sendiri adalah salat berjamaah dan puasa Senin Kamis.

"Kalau kita bahagia, maka orang lain juga akan bahagia. Jadi kebahagiaan kita itu ketika kita mampu membahagiaan orang lain," ujar Dr. H. Abdul Bashith menimpali.

Dr. H. Abdul Bashith mengatakan, tidak akan bisa manusia bahagia sendiri, sehingga harus dilakukan bersama-sama. Hal itulah yang ditekankan di dalam nilai puasa. Dan juga di situlah terdapat ajaran islam untuk dapat mau berbagi dengan yang lain.

Di dalam puasa terdapat zakat, infaq, shadaqah itu sebagai bentuk dari tanggungjawab sesama umat islam kepada hak orang lain, yang mana rezeki orang lain dititpkan kepada sesamanya.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALIKI MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

Syiar Ramadan ini ditayangkan setiap hari di Bulan Ramadan pada pukul 16.00 WIB di YouTube channel UIN Maliki Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES