Indonesia Positif

Ramadan Momen Meningkatkan Taqwa, UMG Gelar Kajian Ramadan 1442 H

Jumat, 30 April 2021 - 21:20 | 50.27k
Kegiatan Kajian Ramadhan 1442 H UMG. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Kegiatan Kajian Ramadhan 1442 H UMG. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) mengadakan kegiatan Kajian Ramadan 1442 H sekaligus acara buka bersama para civitas akademik, Jumat (30/04).

Kegiatan ini digelar secara luring dan daring, demi menjaga keamanan pada masa pandemi ini. Secara luring kegiatan kajian ini dilaksanakan di Hall Sang Pencerah lt. 8 Universitas Muhammadiyah Gresik, dengan mengundang Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Badan Pembina Harian Universitas Muhammadiyah Gresik, jajaran Rektorat serta pimpinan unit di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gresik.

Sementara untuk seluruh dosen dan tenaga kependidikan lain mengikuti kegiatan secara daring melalui aplikasi Zoom meeting. Kegiatan dengan kajian oleh Prof. Achmad Jainuri, M.A., Ph.D., ini juga disiarkan secara live melalui kanal YouTube resmi Universitas Muhammadiyah Gresik.

Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik, Dr. Eko Budi Leksono, S.T., M.T., dalam sambutannya menyebutkan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan setiap bulan Ramadhan dengan tujuan untuk dapat meningkatkan taqwa dan meninggikan rasa syukur para civitas akademik Universitas Muhammadiyah Gresik. Dr. Eko berharap bulan Ramadhan ini dapat menjadi titik balik agar seluruh civitas akademik Universitas Muhammadiyah Gresik dapat selalu bersyukur pada Allah SWT karena telah memberi rahmat dan karunia serta kesehatan yang tidak putus.

Kajian Ramadhan umg 2

Hal senada juga disampaikan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Gresik, Drs. H. Taufiqulloh A. Ahmadi. Dirinya berharap mudah-mudahan puasa di bulan Ramadan ini benar-benar bisa memperbarui karakter ke arah yang positif dan benar-benar memiliki sifat ketaqwaan pada Allah SWT, salah satunya adalah dengan berbicara yang baik.

Pada kajian kali ini, Prof. Achmad Jainuri, M.A., Ph.D., yang merupakan Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur sekaligus Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, menyampaikan hal-hal terkait dengan esensi dari berpuasa. Prof. Jainuri mengatakan bahwa sesungguhnya tujuan berpuasa bukan hanya untuk membentuk kesalehan pribadi dalam konteks hubungan personal dengan Allah SWT, namun juga bagaimana itu terekspresikan dalam perilaku sosial kita. 

“Apa artinya jika kita soleh sendiri sedangkan yang lain tidak? Bencana yang terjadi, baik bencana alam maupun bencana sosial sesungguhnya sangat berkait dengan kita. Kita hanya mengejar kesalehan pribadi, tapi sesungguhnya kita punya tanggung jawab moral, sosial untuk kebaikan kehidupan keseluruhan,” terangnya. 

Maka menjadi penting untuk menjaga keseimbangan harus diwujudkan dalam konteks kehidupan sosial. Prof. Jainuri menambahkan bahwa memang di masa sekarang, sangat sulit untuk menyampaikan kebaikan pada orang lain, apalagi dengan media saat ini. Dari tingkat bawah hingga elit seringkali terpengaruh dengan ungkapan-ungkapan yang seyogyanya tidak dijadikan media komunikasi antar manusia. 

Kajian Ramadhan umg 3

Prof. Jainuri juga mengingatkan bahwa disadari atau tidak, lebih dari satu abad, apa yg telah dilakukan Muhammadiyah telah merubah kehidupan masyarakat Indonesia dalam konteks pemahaman keagamaan di indonesia, yang sebelumnya Islam adalah sholat, zakat, puasa dan haji.

Muhammadiyah berperan dalam memberikan pemahaman bahwa semua kegiatan ibadah dalam Islam memiliki makna sosial yang sangat luas, sebagai bentuk keseimbangan bagaimana kita mengamalkan dan meningkatkan hubungan kita dengan Allah dan juga menata hubungan dengan sesama dan alam sekitarnya. Selain itu, Muhammadiyah juga memiliki peran untuk melakukan perubahan budaya masyarakat Islam Indonesia, dari budaya konservatif menjadi modern. 

Selain kajian dari Prof. Jainuri, pada kegiatan ini Universitas Muhammadiyah Gresik juga memberikan santunan pada empat panti asuhan Muhammadiyah di Kabupaten Gresik. Panti Asuhan tersebut yakni PAM Mojopuro Gede Bungah, PAM Gresik, PAM Al Ihsan Wringin Anom serta PAM Tenaru Driyorejo. Santunan diberikan pada perwakilan dari masing-masing panti asuhan yang turut hadir secara luring pada kegiatan ini. 

Untuk menyimak kegiatan Kajian Ramadhan 1442 H UMG secara lebih lengkap, dapat diakses melalui link YouTube di bawah ini:

https://www.youtube.com/watch?v=hgdMkvDoIGY

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES