Indonesia Positif

Kenali Efek Samping Obat Yang Biasa Terjadi dan Solusinya Bersama Apoteker RSI Unisma

Jumat, 30 April 2021 - 13:52 | 38.40k
Apt. Ayu Risky Amalia, S.Farm saat bertugas di Apoteker.
Apt. Ayu Risky Amalia, S.Farm saat bertugas di Apoteker.

TIMESINDONESIA, MALANGRSI Unisma Malang memiliki berbagai fasilitas penunjang yang terbaik, salah satunya Instalasi Farmasi Avicena RSI Unisma buka 24 jam untuk melayani pasien dan masyarakat.

Salah satu apoteker, Apt. Ayu Risky Amalia, S.Farm berbagi tips untuk mengenali 6 tanda efek samping obat yang biasa terjadi. Efek samping obat merupakan setiap respon obat yang merugikan atau tidak diharapkan akibat penggunaan obat dengan dosis atau takaran normal. Walaupun tidak semua efek samping obat itu merugikan, akan tetapi perlu upaya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang berbahaya akibat penggunaan obat.

Apoteker yang akrab disapa Ayu menjelaskan beberapa tanda-tanda efek samping obat yang biasa terjadi diantaranya rasa gatal dan panas pada kulit, timbul bercak merah, terasa pusing, mual, muntah disertai diare, serta dapat terjadi sesak nafas.

“Terdapat beberapa upaya untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya efek samping obat,” imbuhnya.

Ayu-Risky.jpg

Wanita lulusan Apoteker Universitas Surabaya tahun 2015 ini memaparkan pencegahan untuk meminimalisir efek samping obat, sebagai berikut:

1. Baca dosis obat dan aturan pakai penggunaan obat sesuai yang tertera dalam brosur obat atau sesuai dengan anjuran dokter

2. Bacalah kandungan isi dan tanggal kadaluarsa obat

3. Beritahu dokter jika sedang hamil, menyusui, Riwayat penyakit dan Riwayat alergi yang dimiliki

4. Perhatikan dan catat Riwayat alergi akibat penggunaan obat

Ayu yang sudah berkecimpung selama 6 tahun dibidangnya ini menambahkan jika pasien mengalami beberapa efek samping yang telah dijelaskan di atas maka sebaiknya hentikan penggunaan obat dan kembali ke Rumah Sakit terkait untuk konsultasi lebih lanjut  menentukan apakah obatnya diteruskan atau tidak. 

RSI Unisma Malang - Operator 081 1314 8899 (SMS/ WA) (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES