Indonesia Positif

Keluarga Besar BKD Pemkab Pulau Morotai Gelar Silaturahmi Berbalut Safari Ramadan

Jumat, 30 April 2021 - 21:28 | 75.94k
Kepala BKD Pemkab Pulau Morotai, Kalby Rasyid didampingi Kepala Kemenag, H Hasyim Hi Hamzah dan Sekertaris BKD di Molokai Sahid Hotel. (Foto: Abdul H Husain/TIMES Indonesia).
Kepala BKD Pemkab Pulau Morotai, Kalby Rasyid didampingi Kepala Kemenag, H Hasyim Hi Hamzah dan Sekertaris BKD di Molokai Sahid Hotel. (Foto: Abdul H Husain/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, MOROTAI – Keluarga Besar Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkab Pulau Morotai, Maluku Utara gelar buka puasa bersama (Bukber) dan Safari Ramadhan. Bertempat di Molokai Sahid Hotel, Desa Juanga, Kecamatan Morotai Selatan, Jumat (30/4/2021).

Hadir Kepala Kemenag Pulau Morotai, Hi Hasyim Hi Hamzah sebagai penceramah dan puluhan pegawai BKD serta keluarganya memadati lokasi buka puasa, sambil menikmati panorama sunset di dekat pantai Molokai Sahid Hotel.

Kepala BKD Pulau Morotai, Kalby Rasyid, dalam pengantar buka puasa menyampaikan bahwa Keluarga Besar BKD sebelumnya pagi tadi melalui Darma Wanita BKD telah berkunjung ke Pondok Pesantren di Desa Usbar, Kecamatan Morotai Selatan Barat. Dalam kegiatan tersebut, Darma Wanita BKD Pulau Morotai menyerahkan bingkisan berupa bantuan Al Quran dan sembako kepada Pondok Pesantren di Desa Usbar Pante.

"Melalui buka puasa bersama dan Safari Ramadhan saya berharap ada pencerahan dari Kepala Kemenag Morotai sehingga disisa waktu Ramadhan ini kita dapat maksimalkan sehingga kategori taqwa dapat kami raih," harapnya.

Kepala Kemenag Pulau Morotai, Hi Hasyim Hi Hamzah, dalam kultumnya mengingatkan kembali soal pesan pesan keutamaan Ramadan dan menguraikan kalimat taqwa yang menjadi tujuan dari pelaksanaan Puasa Ramadhan.

Kepala BKD Pemkab Pulau Morotai a

"Sesungguhnya kita berpuasa mulai setelah makan sahur dan berbuka pada pukul 18:33 WIT adalah bagian dari sebuah perjuangan yang ujungnya kita diharapkan mendapat sesuatu yang berharga untuk dunia dan akhirat yaitu taqwa," ujarnya.

Lanjutnya, taqwa itu adalah melaksanakan perintah perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangannya. Di sinilah dengan segala macam kaidah, syariat, larangan dan perintah yang ditetapkan dalam Ramadan.

"Puasa adalah tarbiyah yang mengajarkan manusia menjadi pribadi yang rendah hati, tidak sombong, tidak angkuh, tidak congkak dan tidak arogan," ucapnya.

Kedua adalah Qana'ah atau sikap yang merasa cukup atas segala nikmat yang kita miliki dan selalu ridho atas hasil yang didapat tanpa melihat keatas atau membanding bandingkan punya kita dengan orang lain.

"Hanya kadang kadang manusia kita punya sifat tidak puas, hal ini tidak dibenarkan agama. Untuk itu, puasa mengajarkan kita harus Qana'ah atau menerima dan selalu merasa cukup dengan bersyukur," paparnya

Ketiga adalah Wara atau jaga sikap terutama dalam puasa maupun disiplin dalam konteks menjalankan tugas kita sebagai ASN. Karena takwa tidak akan tercapai bila tidak dibarengi dengan sikap Wara."Maka upaya yang dapat dilakukan agar meraih wara adalah dengan meninggalkan segala sesuatu yang tidak berguna," tegas orang nomor satu di Kantor Kemenag Pulau Morotai.

Acara buka bersama dan Safari Ramadhan 1442 H/2021 M oleh Keluarga Besar BKD Pemkab Pulau Morotai diakhiri dengan Shalat Magrib berjamaah dan makan bersama. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES