Pemerintahan

Penuhi Janji Presiden RI, Menteri Pertanian Berikan Alsintan kepada Petani Indramayu

Jumat, 30 April 2021 - 21:11 | 41.91k
Menteri Pertanian saat memberikan bantuan alat-alat pertanian di Indramayu. (FOTO: Diskominfo Kabupaten Indramayu)
Menteri Pertanian saat memberikan bantuan alat-alat pertanian di Indramayu. (FOTO: Diskominfo Kabupaten Indramayu)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Sesuai dengan janji Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) saat berkunjung ke Indramayu beberapa waktu lalu, Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo datang kembali untuk memberi bantuan berupa alat-alat pertanian (alsintan) kepada para petani di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Jumat (30/4/2021).

Bantuan yang diberikan Presiden Joko Widodo untuk petani Indramayu berupa Combine Harvester besar (1 unit), traktor roda 4 (1 unit), traktor roda 2 (5 unit), dan mesin pompa air (10 unit). Bantuan tersebut diberikan kepada kelompok tani yang berada di Kecamatan Bangodua, Widasari, Terisi, Kroya, Lohbener dan Haurgeulis.

Syahrul menjelaskan, bantuan yang diberikan tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para petani. Pasalnya, Kabupaten Indramayu merupakan daerah dengan potensi pertanian sangat besar untuk itu pemerintah memberikan perhatian yang sangat luar biasa bagi daerah yang dipimpin oleh Nina Agustina dan Lucky Hakim tersebut.

"Penggunaan alat ini silahkan sesuaikan dengan keadaan dan konfisi daerah setempat. Jangan sampai alat ini menggusur tenaga kerja para petani," katanya.

Syahrul melanjutkan, sektor pertanian merupakan salah satu unggulan bangsa Indonesia dalam menopang pertumbuhan ekonomi secara riil. Bahkan di tengah situasi pandemi seperti ini, sektor pertanian memberi kontribusi yang sangat besar bagi negara untuk menstabilkan ekonomi.

"Saat situasi pandemi seperti sekarang ini, di kota tidak ada uang. Uang ada di desa. Petani menjual hasil panennya. Nanam tomat, 40 hari panen. Nanam padi, 4 bulan panen. Uang ada di desa. Petani punya uang, dan itu yang menopang perekonomian Indonesia saat ini," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES