Indonesia Positif

Pentingnya Imunisasi, Ini Jadwal Imunisasi di RSI Unisma Malang

Jumat, 30 April 2021 - 11:48 | 78.79k
Bidan Restu bersama bidan-bidan RSI Unisma Malang lainnya. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Bidan Restu bersama bidan-bidan RSI Unisma Malang lainnya. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGRSI Unisma Malang memahami bahwa kesehatan Anda dan keluarga adalah hal yang terpenting, apalagi kesehatan buah hati. Imunisasi adalah cara terbaik untuk melindungi buah hati Anda dari penyakit.

Jadwal imunisasi bahkan dimulai sejak kelahiran. Sebab, bayi dan balita sangat rentan terhadap penyakit. Dengan melakukan imunisasi anak, Anda dapat melindungi keluarga Anda dan lingkungan Anda untuk tetap sehat.

Bersama Dokter dan Bidan yang sudah bersertifikasi dan berpengalaman, RSI Unisma hadir untuk menjaga kesehatan buah hati Anda.

Salah satu bidan senior dan juga sebagai Kepala Ruang Peristi RSI Unisma Malang, Restu Widyarini STr.Keb menjelaskan pentingnya imunisasi untuk membentuk kekebalan tubuh.

“Karena fungsi utama imunisasi adalah untuk membentuk kekebalan tubuh secara pasif manusia," ungkapnya.

Bidan RSI Unisma

Bidan Restu yang terikat dalam organisasi IBI (Ikatan Bidan Indonesia) dan sudah 24 tahun menekuni profesinya menjelaskan tata cara mendapatkan imunisasi di RSI Unisma.

“Untuk imunisasi pada bayi dilakukan di Poli KIA , utk BCG tiap Senin Minggu ke 2, DPT pentabio tiap hari, IPV tiap jumat minggu ke 3, campak tiap kamis minggu ke 4, Td dan Dt tiap hari, Polio oral tiap hari, semua imunisasi dilakukan di jam kerja 08.00-12.00 wib,” jelasnya.

Pendaftaran dapat menghubungi nomor Operator RSI Unisma 081 1314 88 99 (WA/SMS).

Bidan yang pada tahun 2018 telah mendapatkan gelar D4 kebidanan Poltekes kemenkes Malang tersebut menjelaskan  jadwal imunisasi anak, sbb:

BCG : bayi usia 1-3 bulan
DPT pentabio : usia 2-4 bulan
Campak : usia 9-12 bulan
Polio : usia 0 hari -4 bulan

IPV : direkomendasikan dilakukan sebanyak 4 kali, yaitu dilakukan pada saat usia anak 2 bulan, 4 bulan, 6-18 bulan, dan disuntikkan pada usia 4-6 tahun.

Hepatitis b : bayi baru lahir s/d 12jam

Antusias masyarakat untuk datang ke Poli KIA RSI Unisma pun sangat besar. Kurang lebih ada 30 pasien melakukan imunisasi per bulannya.

“Masyarakat sangat antusias memberikan imunisasi buah hatinya, tercatat sekitar 30 pasien yang melakukan imunisasi di poli KIA tiap bulannya”imbuhnya.

Bidan - bidan RSI Unisma berusaha untuk berkoordinasi dan berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat melakukan imunisasi dengan penyuluhan kesehatan aktif di media sosial ataupun berkunjung ke masyarakat sekitar.

Harapan RSI Unisma Malang dengan patuhnya masyarakat pada pemberian imunisasi adalah dapat mengurangi terjadinya wabah penyakit menular di Indonesia, khususnya di Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES