Indonesia Positif

Gus Ipul Siap Disambati Warga Kota Pasuruan

Kamis, 29 April 2021 - 21:26 | 31.80k
(FOTO: AJP TIMES Indonesia)
(FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PASURUAN – Kebutuhan warga Kota Pasuruan akan pelayanan publik yang cepat, tanggap, dan mudah sangat tinggi. Termasuk kebutuhan untuk menyampaikan aspirasi atau keluhan yang dapat direspon dengan cepat oleh dinas terkait. Kini, keluhan dan aspirasi warga dapat disampaikan langsung melalui aplikasi E-Sambat. Aplikasi ini merupakan rintisan program smart city dari Dinas Kominfotik Kota Pasuruan. 

Layanan pengaduan berbasis mobile ini diluncurkan oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf di halaman Radio Ramapati FM, Rabu (28/4/2021). Acara ini dihadiri oleh Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo (Mas Adi), Pj. Sekertaris Daerah Kota Pasuruan, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkot Pasuruan, dan Camat Se-Kota Pasuruan. 

"Aplikasi ini memberikan ruang kepada masyarakat untuk bisa mengadu dan mengeluh ke pemkot. Masyarakat dipersilahkan untuk menyampaikan atau mengeluhkan apapun terkait pelayanan di Pemkot Pasuruan," kata Gus Ipul pada peluncuran aplikasi e-Sambat. 

Gus Ipul menekankan agar program ini bukan hanya sekadar seremonial. Tapi, ia ingin memastikan semua aspirasi masyarakat bisa tertangani melalui aplikasi ini. 

"Tidak boleh seperti sebelumnya. Harus ada tindak lanjutnya. Jadi, secepat mungkin apapun aspirasi yang disampaikan, harus segera dicarikan solusi, " lanjutnya.

Menurutnya, respon harus diberikan secepat mungkin. Terpenting, kata Gus Ipul, jangan menggantung keluhan atau aspirasi masyarakat tanpa ada jawaban atau respon yang baik.

"Harapannya saya, OPD juga semua terlibat. Jadi, harus tanggap sekiranya itu menjadi kewenangan OPD terkait harus segera ditindak lanjuti," paparnya.

Warga Kota Pasuruan dapat mengunduh aplikasi E-Sambat melalui Google Play Store dan melakukan registrasi akun E-Sambat menggunakan email. Gus Ipul mengatakan, pengaduan melalui E-Sambat harus mencantumkan nomor induk kependudukan (NIK) untuk memastikan bahwa pengguna bukan akun abal-abal. Dengan adanya aplikasi E-Sambat, diharapkan nantinya akan terdeteksi hal-hal yang menjadi keluhan warga kota Pasuruan dan dapat diketahui apa yang menjadi skala prioritas masyarakat. Termasuk bantuan yang perlu diberikan oleh Pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Robert Ardyan
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES